Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Hari raya Kurban tinggal menghitung hari, nih. Agenda apa yang sudah anda siapkan? Kalau saya, hari suci ini biasa diwarnai dengan acara kumpul keluarga, masak, dan makan bersama. Maklum, ada kiriman daging sapi dan daging kambing yang menunggu diolah jadi aneka masakan. Nah daging sapi atau kambing ini biasanya dibuat jadi hidangan sate, gulai, atau rendang. Namun kalau tiap tahun diolah jadi masakan yang sama tentu membosankan, ya? Supaya tahun ini ada variasi, coba cek inspirasi olahan daging sapi dan kambing yang tak kalah enak berikut ini!

Masakan Daging Sapi

1. Empal Gepuk

empal gepuk

Siapa bilang kita tak bisa menikmati gorengan saat Idul Adha? Empal gepuk bisa jadi pilihan tepat! Empal gepuk adalah daging goreng yang kaya bumbu dan gurih. Sebelum digoreng, daging sapi harus digepuk atau dipukul berkali-kali terlebih dahulu, baru setelahnya diungkep dalam bumbu. Nah karena diungkep ini juga bumbunya jadi menyerap sempurna dalam daging, sehingga makan bersama nasi hangat dan sambal saja sudah terasa lengkap, deh!

Baca juga: 6 Jenis Alat Untuk Memipihkan Daging (Selain Palu Daging)

2. Oseng Mercon

Oseng mercon pedas

Anda penggemar masakan pedas? Sajikan oseng mercon di tengah makan bersama. Oseng mercon merupakan tumis daging sapi khas Yogyakarta dengan tingkat kepedasan luar biasa. Hmm, pasti seru ya melihat anggota keluarga dan sanak saudara berusaha menahan ledakan cabainya! Bahan-bahannya sederhana yakni daging sapi yang dipotong dadu, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dsb), dan bumbu tambahan lainnya agar semakin bercitarasa. Supaya mantapnya makin berlipat ganda, pakai bagian sapi yang lain (selain daging, tentunya) untuk ikut ditumis seperti tetelan, gajih (lemak), sandung lamur, kikil, atau jeroan sapi.

Baca juga: 5 Jenis Cabai yang Banyak Dikonsumsi di Indonesia

3. Rawon

Satu lagi hidangan klasik yang pasti disuka semua generasi: rawon. Hidangan ini memang lezat, gurih, dan ikonik karena kuah hitamnya yang berasal dari kluwak. Psst, katanya rawon ini favoritnya raja-raja zaman dahulu, lho. Sekarang semua bisa menikmatinya karena rawon cukup simple dibuat. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kluwak, kemiri, ketumbar, jahe) dan bumbu aromatik seperti serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Masukkan daging dan tumis hingga tercampur rata. Terakhir, tuang air dan rebus hingga daging empuk dan meresap bumbunya. Sajikan dengan telur asin, tauge, dan sambal terasi, ya!

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Kluwak

Masakan Daging Kambing

1. Sop Kambing

sop kambing tanpa bau

Wah, hidangan yang satu ini pastinya sudah akrab di lidah kita ya? Sop kambing bisa jadi sajian Lebaran kurban yang nikmat dan disukai semua kalangan. Kunci supaya sop kambing lebih nikmat adalah jangan cuci daging kambingnya agar tidak prengus. Selain itu, pakai air rebusan kedua sebagai kaldu kambing dengan rasa mantap. Tambahkan juga aneka bumbu aromatik seperti kapulaga, cengkeh, pala dan serai supaya kuah sup yang bening terasa semakin nikmat!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

2. Kari Kambing

Kari kambing lezat

Hari Lebaran rasanya tak lengkap tanpa hidangan bersantan, ya. Nah, kari kambing adalah pilihan tepat bagi anda penyuka daging kambing sekaligus masakan bersantan. Cara buatnya tak jauh beda dengan sop kambing, hanya saja kari ini perlu ditambahkan santan dan daun kari agar rasanya lebih khas. Poin plusnya, kari kambing ini bisa disajikan dengan makanan lain selain nasi putih lho, seperti roti canai dan roti jala. Unik dan mantap, kan?

Baca juga: Mengenal Daun Kari & Kegunaannya dalam Masakan

3. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Arab

Nasi goreng kambing memang super nikmat, tapi rasanya kurang istimewa bila disajikan sebagai hidangan hari raya. Tapi, bagaimana dengan nasi kebuli? Nasi kebuli ialah nasi kaya rempah dan beraroma yang berasal dari Timur Tengah. Nah, hidangan nasi ini paling cocok dipadukan dengan daging kambing. Tambahan kismis di dalamnya juga membuatnya semakin unik dan lezat. Perpaduan rasa gurih, sedikit pedas, asam-manis, dan kaya bumbu dijamin akan membuat anda ingin tambah lagi dan lagi. Sudah ngiler, ya?

Baca juga: Aneka Jenis Beras dan Manfaatnya

Hmm, jadi tak sabar untuk segera belanja bahan pelengkapnya dan mengolah daging-daging tersebut, ya? Namun sebelum menunggu hidangan utama matang, boleh juga sediakan cemilan renyah gurih dan manis yang bisa menemani saat-saat ngobrol bersama keluarga atau tamu saat hari raya. Semangat masak!