Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Meskipun saya lebih suka ikan goreng berdaging yang ‘masih basah’, sesekali saya juga menikmati ikan goreng garing. Alasannya sederhana: malas memilih duri. Ikan yang digoreng sampai benar-benar kering itu memang biasanya bisa dimakan bersama duri kecilnya, jadi kita tidak perlu repot-repot memisahkan antara daging dengan duri.

Selain itu, ikan goreng garing juga punya tekstur sangat renyah dan nikmat. Bagi anda pecinta ikan yang digoreng kering, pernahkah anda mengalami kegagalan saat memasaknya, seperti ikan yang terlalu overcooked dan terasa pahit? Nah, daripada gagal, intip dulu yuk tips yang akan saya bagikan berikut ini.

1. Perhatikan pemilihan ikan

Untuk mendapatkan tekstur ikan goreng yang benar-benar garing, anda harus memastikan jika ikan yang anda pilih segar. Ikan yang kurang segar akan cepat hancur dan dagingnya mudah terurai. Selain itu, ikan berbentuk pipih seperti ikan nila, kakap, mas, atau bawal hitam akan lebih mudah digoreng hingga garing daripada ikan berbadan tebal seperti tongkol.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Air Tawar yang Biasa Dionsumsi di Indonesia

2. Rendam ikan dengan bumbu

Selain membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan, ternyata proses perendaman bumbu juga bisa membantu agar kandungan air dalam ikan keluar. Itu sebabnya setelah proses marinasi, kita akan melihat bumbu bekas marinasi jadi lebih encer. Ikan pun jadi akan lebih garing ketika digoreng. Untuk hasil maksimal, anda bisa merendam ikan selama beberapa saat (atau beberapa jam) dalam kulkas.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Laut yang Biasa Dikonsumsi di Indonesia

3. Tiriskan bumbu ikan

Setelah beberapa saat dimarinasi, keluarkan ikan dari kulkas dan biarkan sampai suhunya stabil. Setelah itu, tiriskan ikan dan pisahkan dari bumbunya. Ikan yang terlalu banyak bumbu ketika digoreng akan jadi susah kering. Anda tidak perlu takut rasa ikan hambar, karena bumbu sudah meresap ke dalam ikan selama proses perendaman sebelumnya.

Baca juga: 4 Tips Sukses Menggoreng Ikan

4. Goreng ikan dengan minyak banyak

Jika anda ingin ikan yang benar-benar garing, maka anda harus menggoreng ikan dengan teknik deep-frying, atau menggoreng makanan sampai terendam seluruhnya dalam minyak panas. Jika minyak terlalu sedikit, ikan malah jadi cepat hangus. Jangan lupa untuk memastikan jika minyak sudah benar-benar panas ketika ikan digoreng. Lalu goreng ikan dengan api sedang sampai benar-benar matang.

Baca juga: Aneka Teknik Memasak Basah dan Kering

5. Hindari menggoreng ikan terlalu banyak

Poin penting yang harus anda ingat: jangan menggoreng ikan dalam jumlah banyak hingga wajan penuh. Meski minyak yang digunakan banyak, bukan berarti anda bisa menggoreng ikan dalam jumlah banyak, karena hal tersebut hanya akan membuat kematangan ikan jadi tidak merata. Alhasil ikan pun hanya garing di beberapa bagian saja.

6. Tiriskan minyak

Saat ikan sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Pastikan minyak sudah benar-benar turun ketika disajikan, agar nantinya ikan tidak basah dan berminyak.

Baca juga: 4 Tips Membuat Gorengan Agar Tidak Berminyak

Nah, sekarang anda sudah tahu kan bagaimana caranya menggoreng ikan sampai benar-benar garing? Tinggal praktekkan sendiri di rumah deh. Seporsi ikan goreng garing pun siap menemani waktu makan anda.