(Image: Gule Kaki Kambing – Kelana Rasa)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Sajian Idul Adha pasti identik dengan kambing. Biasanya, daging kambing akan dibuat sajian praktis seperti sate kambing atau tongseng kambing. Namun suatu kali, kami pernah mendapat kaki kambing dari pengurus masjid. Memang tak banyak sih, tapi sayang juga kalau tak diolah, kan. Saya dan ibu pun mencari ide untuk mengolah bagian kambing yang satu ini, lalu pikiran kami tertuju pada semangkuk sop kambing berkuah susu. Hmm, pastinya juga cocok disajikan bersama dua olahan kambing lain!

Awalnya, kami mengolah kaki kambing ini seperti masak kaki sapi (tengkleng). Namun ada satu hal yang kami lupa: aroma prengus! Nah ternyata, masak kaki kambing juga ada triknya, nih. Supaya makin lezat, simak tips berikut ini!

1. Rebus atau presto kaki kambing agar empuk

Pada dasarnya, kaki kambing memiliki tekstur yang alot. Agar mudah disantap, kita perlu mengempukkannya terlebih dahulu. Ada dua cara untuk mengempukkan, yakni dengan direbus atau pakai panci presto. Kalau pilih rebus, bersihkan kaki kambing dari kotoran atau darah. Tak perlu dicuci ya, supaya dagingnya tidak semakin prengus. Sesudah itu, didihkan air dan masukkan kaki kambing yang sudah dibersihkan. Rebus selama 10 menit, lalu buang air rebusannya. Isi lagi dengan air baru dan kali ini tambahkan bumbu seperti jahe atau daun-daun aromatik seperti daun salam atau daun jeruk untuk menghilangkan bau prengusnya. Rebus kembali hingga dagingnya empuk.

Kalau anda ingin mempersingkat waktu, mempresto kaki kambing adalah cara paling tepat. Langkahnya kurang lebih sama seperti merebus, yakni masukkan air, bumbu aromatik, dan kaki kambing yang sudah bersih dalam panci presto. Rebus selama kurang lebih satu jam, lalu cek keempukkan dagingnya. Oh ya, jangan buang air rebusan kaki kambing yang sudah diberi rempah ini ya. Soalnya, air rebusan ini bisa jadi kaldu untuk sup atau gulai kambing, lho.

2. Masak dengan aneka bumbu

Kaki kambing identik dengan aneka rebusan seperti sop, gulai, atau kari. Intinya, kaki kambing sangat cocok dimasak dengan kuah bercitarasa seperti santan atau susu. Selain terasa gurih, bahan santan dan susu ini juga bisa menghilangkan aroma prengus, lho. Namun selain kedua bahan tersebut, jangan lupa tambahkan aneka bumbu seperti lada, pala, cabai, ketumbar, cengkeh, kapulaga, daun kari, kayu manis, bawang merah, bawang putih, atau jahe.

Cara buatnya, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, pala, cabai, atau ketumbar. Tumis bumbu halus dan tambahkan bumbu lain seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun kari, dan jahe yang sudah digeprek. Masak hingga harum lalu tuangkan santan/susu plus air kaldu kambing. Aduk merata dan masukkan kaki kambing yang sudah empuk. Masak hingga matang dan jangan lupa untuk cek rasanya, ya. Kalau anda ragu dengan pemakaian kaldu kambing, bisa dituang sedikit-sedikit sampai sesuai dengan lidah anda.

Gampang sekali, kan? Berarti anda tak perlu bingung lagi nih kalau ternyata nanti dapat kaki kambing dari pengurus masjid. Sajikan dengan nasi putih hangat, bawang goreng, irisan daun bawang, dan acar. Selamat mencoba!