(Image: iStock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Membahas gorengan pasti tak ada habisnya, karena makanan ini memang selalu jadi favorit banyak orang. Sebagai penggemar sejati, gorengan selalu masuk daftar menu wajib saya. Entah jadi cemilan atau lauk, gorengan selalu berhasil mengganjal perut. Namun meski begitu, tak selamanya gorengan itu terasa enak, ya. Kadang saya menemukan gorengan yang sangat berminyak, sehingga ketika digigit, minyak tersebut akan membanjiri mulut. Wah, pastinya selera makan jadi hilang, ya? Belum lagi kalau kita harus menghabiskan gorengan-gorengan yang berminyak tersebut, pastinya juga kurang baik bagi tubuh karena banyaknya minyak. Oleh karena itu, perhatikan dulu tips berikut ini, yuk! Psst, jangan pernah takut dengan minyak karena semua bisa diakali.

1. Perhatikan kualitas minyak goreng

Hal utama yang pasti kita perhatikan dalam menggoreng adalah bahan gorengannya. Tapi tunggu dulu, kita juga perlu memperhatikan kualitas minyak, lho. Agar hasilnya maksimal, pakailah minyak baru untuk menggoreng. Namun jika masih ada sisa minyak yang banyak dan warnanya cukup bening (misalnya minyak bekas goreng kacang), anda boleh memakainya untuk menggoreng. Tapi ingat, setelah itu buanglah minyak tersebut dan ganti dengan yang baru jika hendak menggoreng lagi. Minyak berwarna gelap dan ada bintik hitam tentunya bisa menurunkan kualitas gorengan dan tak mampu mematangkan dengan sempurna.

Baca juga: 4 Tips Pemakaian Minyak Hemat

2. Panaskan minyak terlebih dahulu

Gorengan yang dimasukkan pada minyak yang belum dipanaskan (dingin) pastinya tak akan matang sempurna. Perubahan suhu yang terlalu mendadak, yakni dari dingin ke panas, hanya akan mematangkan bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya masih mentah. Otomatis, waktu menggoreng akan lebih lama dan hal ini bisa membuat gorengan lebih berminyak.

Oleh karenanya, panaskan dulu minyak untuk menggoreng hingga benar-benar panas. Cara mengetahuinya, celupkan sutil kayu dan perhatikan banyak gelembung di sekitarnya yang berarti minyak sudah panas.

Baca juga: 8 Tips Agar Gorengan Garing dan Renyah

3. Masukkan bahan gorengan sedikit demi sedikit

Dulu saya pernah memasukkan bahan gorengan banyak-banyak dalam sekali menggoreng. Wajan penggorengan memang jadi penuh, tapi saya tak sadar karena hampir semua gorengan jadi sangat berminyak. Banyaknya muatan dalam wajan penggorengan dapat menurunkan suhu minyak sehingga gorengan menyerap lebih banyak minyak. Jadi solusinya, masukkanlah bahan gorengan sedikit demi sedikit, ya. Paling tidak 3-4 bahan untuk wajan ukuran sedang.

Baca juga: 6 Tips Mengurangi Cipratan Minyak Saat Menggoreng

4. Tiriskan pada alat peniris, cooling rack, atau tisu dapur

Setelah gorengan matang keemasan, jangan langsung meletakkannya dalam piring, ya. Minyak yang masih menetes setelah diangkat dari wajan akan membasahi piring dan melembapkan gorengan. Nah jika dibiarkan terlalu lama, gorengan akan menyerap minyak tersebut dan mengakibatkan tekstur dalamnya jadi sangat berminyak. Untuk mengatasinya, tiriskan gorengan di cooling rack atau saringan terlebih dahulu. Atau, letakkan tisu dapur di atas piring sebelum menaruh gorengan. Oh ya, jangan tumpuk gorengan supaya tidak lembap, ya.

Baca juga: 3 Tips Menyimpan Gorengan Agar Tetap Renyah

Mudah sekali, kan? Sekarang tak perlu lagi takut gorengan akan terasa berminyak ketika digigit. Oh ya, hal ini berlaku untuk segala jenis gorengan ya, mulai dari menggoreng ikan hingga menggoreng dengan tepung. Selamat mencoba!