Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Adakah orang Indonesia yang belum pernah mencoba sate ayam? Rasanya sebagian besar sudah, ya. Hidangan khas Indonesia ini memang mudah ditemui di berbagai tempat, baik restoran maupun kaki lima. Ada sebuah warung sate ayam langganan saya yang benar-benar nikmat rasanya. Dagingnya terasa empuk, bumbunya sangat bercitarasa, plus teksturnya matang sempurna. Namun sayang, harganya cukup mahal jika sering beli di sana. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membuatnya sendiri di rumah.

Awalnya saya kira mengolah daging ayam itu lebih mudah dari daging lainnya. Tapi ternyata, sate yang saya bakar masih agak amis dan cenderung kering teksturnya. Selain itu, rasanya agak hambar di lidah. Setelah mempelajari kesalahan tersebut, akhirnya saya menemukan tipsnya, nih. Langsung scroll ke bawah, yuk!

1. Marinasi daging ayam dengan air jeruk-bawang putih

Kadang kalau tak diolah dengan baik, rasa sate ayam bisa hambar dan agak amis khas ayam. Supaya aroma amisnya hilang, marinasi daging ayam dengan bahan asam dan beraroma seperti air jeruk dan bawang putih. Caranya, cuci daging ayam lalu potong dadu sesuai selera. Lumuri potongan ayam tersebut dengan perasan air jeruk dan bawang putih yang sudah dihaluskan secara merata. Diamkan selama 30 menit dan daging siap diolah.

Coba resep: Sate Taichan

2. Rendam daging dalam bumbu marinasi minimal 2 jam

Ada 2 tahap marinasi sate ayam, yakni marinasi untuk hilangkan bau amis (air jeruk-bawang putih) dan marinasi bumbu untuk memperkaya rasa. Kalau anda bikin sate ayam madura yang kaya bumbu, berarti anda perlu buat bumbu marinasi kacang untuk tahap marinasi 2.

Bumbu marinasi kacang terdiri dari kacang tanah goreng yang ditumbuk halus, kecap manis, gula merah, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, dll), daun jeruk, dan lainnya. Nah supaya bumbu marinasi kacang ini benar-benar meresap, rendam potongan daging ayam selama minimal 2 jam hingga semalaman.

Baca juga: 11 Langkah Praktis Membuat Fillet Ayam

3. Rajin bolak-balik sate plus oleskan bumbu selama proses bakar

Sate ayam bisa dibakar dengan teflon atau panggangan khusus. Apapun medianya, pastikan anda pakai api kecil-sedang saat membakar agar sate bisa matang merata dan tak cepat kering. Panaskan teflon atau panggangan terlebih dahulu, lalu tata sate di atasnya. Rapatkan tusukan agar daging sate tak lekas kering sekaligus mempermudah proses pembalikkan. Nah, sate ayam ini harus rajin dibolak-balik agar matang merata dan tak gosong pada satu sisi.

Selama proses pembakaran, penting juga untuk mengoleskan bumbu agar lebih bercitarasa ketika matang nanti. Campurkan sisa bumbu kacang untuk marinasi dengan mentega dan kecap, lalu oleskan secara merata pada daging sate. Bakar sate hingga matang dan terkaramelisasi.

Baca juga: 6 Tips Memanggang Sate Rumahan Empuk & Juicy

Sederhana, kan? Segera sajikan sate ayam yang masih panas dengan saus kacang gurih, potongan lontong atau sepiring nasi hangat, dan taburan bawang goreng. Selamat mencoba!