Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Bicara soal bubur ketan hitam, saya jadi ingat masa kecil dulu. Ibu saya suka beli bubur ini atau bubur kacang hijau di abang gerobakan yang lewat depan rumah. Saat pulang sekolah, dua jenis bubur ini biasanya sudah tersaji di meja makan atau di kulkas. Saya dan ibu suka sekali ngemil dua jenis bubur ini karena rasanya manis dan gurih karena berbalut santan.

Sekarang ini, sudah jarang abang gerobakan penjual bubur lewat depan rumah kami. Alhasil demi bernostalgia, saya dan ibu pun mencoba bikin sendiri. Nah beras ketan hitam itu kan butirannya lebih keras (pera) dari beras padi, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bubur ketan hitam bisa matang sempurna dan tidak ngletis (berbulir). Penasaran? Simak tipsnya berikut ini!

1. Pilih beras ketan hitam yang tepat

Pilihlah beras ketan hitam yang butirannya keras, halus, dan berwarna hitam pekat. Semakin keras dan hitam, semakin tinggi kandungan kanjinya. Cuci bersih beras ketan hitamnya sebelum dimasak dengan air bersih mengalir.

Baca juga: Aneka Jenis Beras dan Manfaatnya

2. Rendam beras semalaman untuk memangkas waktu masak

Salah satu langkah agar bubur ketan hitam tidak ngletis adalah merendam beras ketan hitam minimal 6 jam atau semalaman. Dengan begitu, tekstur akan lebih lunak dan proses pemasakannya bisa lebih cepat. Rendam saja dengan air biasa, lalu simpan di suhu ruang. Jika ingin dimasak, tiriskan hingga tak ada air tersisa.

Coba resep: Bubur Ketan Hitam

3. Aduk bubur ketan hitam selama dimasak

Rebus beras ketan hitam beserta bumbu-bumbu tambahan dengan api sedang. Ingat, tekstur beras ketan hitam itu cukup lengket, sehingga bubur perlu diaduk agar tak menempel dan bulirnya bisa menyatu sempurna. Aduk terus bubur ketan hitam hingga airnya menyusut. Namun kalau teksturnya belum seperti bubur, tambahkan lagi airnya dan aduk lagi hingga mengental serta matang.

Baca juga: Tips Memasak Beras Ketan Pulen dan Legit

4. Tambah maizena pada saus santan agar lebih kental

Bubur ketan hitam tentu tak lengkap tanpa saus santan yang gurih. Panaskan santan di atas api kecil, lalu masukkan garam dan pandan yang sudah disimpul agar lebih gurih dan wangi. Kalau anda suka tekstur saus santan yang kental, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalam santan. Aduk perlahan hingga mendidih dan saus santan terasa kental.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Santan Pecah

Nah, bubur ketan hitamnya sudah jadi! Siram bubur ketan hitam dengan kuah santan yang sudah dingin, atau bisa juga bubur ketannya dicampurkan dengan bubur kacang hijau. Kalau ingin disimpan, masukkan dalam kulkas berikut bubur ketan hitam plus saus santannya dalam wadah terpisah, ya.