(Image: Shutterstock)

Indonesia ternyata sungguh kaya akan buah-buahan unik. Salah satunya adalah buah miracle berry. Sesuai namanya, buah ini sunggu ajaib lho. Setelah makan buah ini, rasa asam dari makanan lain akan terasa manis di lidah kita! Wah kok bisa ya? Simak langsung penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Asal-usul

Buah miracle berry atau yang dikenal dengan buah seribu manis memiliki nama ilmiah Synsepalum Dulcificum dan berasal dari negara Ghana, Afrika Barat. Disebut seperti itu karena memang keajaiban dari buah tersebut ‘secara ajaib’ mengubah persepsi rasa asam menjadi manis di lidah. Misalnya anda mengonsumsi jamu asem atau cupcake lemon setelah makan buah miracle berry, maka seketika rasa minuman atau makanan tadi akan jadi lebih manis.

Hebat, kan? Nah hal tersebut karena kandungan protein bernama miracullin dalam buah miracle berry yang ternyata bisa menstimulasi rasa manis pada lidah anda. Atau istilah awamnya “mengelabui” lidah anda dengan rasa manis selama 1-2 jam. Sehingga makanan apapun, terutama bersifat asam, yang anda makan setelah mengonsumsi miracle berry ini akan terasa manis. Tapi tenang saja, zat gizi dalam makanan tidak akan berubah kok meski rasanya jadi lebih manis.

Baca juga: Mengenal Buah Kawis atau Kawista, si “Buah Jeruk” Rasa Cola

2. Kenampakan

Sepintas, bentuk dari buah miracle berry ini seperti buah jamblang yang masih setengah matang. Kecil lonjong dengan warna merah yang cerah. Jika dibelah, tekstur dari dagingnya seperti daging buah anggur, dengan satu biji hijau besar di tengahnya. Dari segi rasa, pada saat awal anda menggigit buah miracle berry ini terasa sedikit masam. Tapi ajaibnya, lama-lama rasa masam tersebut akan berubah menjadi manis dan segar, seperti saat anda mengonsumsi buah berri.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

3. Manfaat bagi kesehatan

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari miracle berry ini adalah untuk menyukseskan diet gula pada orang umum ataupun penderita diabetes karena ia bisa memberi sugesti rasa manis meski makanan yang dimakan terasa hambar atau asam. Cocok sekali kan bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan gula.

Miracle berry ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak menyukai rasa asam, atau rasa buah dan sayuran tertentu. Bagi anda yang tidak suka rasa pahit pada obat, miracle berry ini juga bisa menjadi solusi. Konsumsilah miracle berry terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan yang less sugar, sugar free, ataupun asam.

Selain manfaat di atas, buah miracle berry juga tinggi akan antioksidan, jadi bisa membantu menangkal radikal bebas yang jadi salah satu penyebab kanker.

4. Kegunaan dalam masakan atau cara menikmatinya

Dari segi penggunaannya, buah miracle berry ini biasa dikonsumsi secara langsung sebelum mengonsumsi makanan lainnya yang asam, pahit, atau hambar. Buah ini jarang sekali diolah dalam bentuk masakan atau makanan lainnya.

Baca juga: Mengenal Asam Paya atau Kelubi

Wow, ajaib memang ya buah yang satu ini. Anda tertarik juga mencobanya?