Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Dibanding daging ayam atau sapi, saya jauh lebih menyukai ikan sebagai teman makan nasi. Terutama ikan yang diolah dengan cara digoreng. Menurut saya, ikan goreng yang paling enak itu yang teksturnya masih basah dan tidak terlalu garing. Kebayang dong dagingnya yang tebal dan juicy? Rasanya pun menurut saya lebih ‘manis’ dibanding ikan yang digoreng sampai kering. Untuk mendapatkan tekstur ‘berdaging’ tersebut, ikan tidak boleh digoreng terlalu lama.

Nah, masalah yang muncul kemudian adalah daging ikan yang belum matang sempurna, terutama di dekat tulang tengah badannya. Terkadang daging ikan terlihat masih kemerahan dan bau ‘khas ikan’ masih tertinggal. Kalau sudah begitu, selera makan dijamin akan langsung hilang deh. Tapi tenang saja, sekarang saya sudah lihai untuk menyiasati saat memasaknya. Simak tips suksesnya berikut ini.

1. Perhatikan pemilihan ukuran ikan

Pastikan untuk menggunakan ikan segar yang berukuran sedang agar matangnya bisa pas. Menggunakan ikan yang terlalu kecil hanya akan membuat tekstur ikan cepat garing karena dagingnya sedikit. Sebaliknya, menggunakan ikan yang terlalu besar dan tebal pun akan membuat ikan tidak bisa matang sempurna hingga ke dalamnya, sehingga anda harus menggoreng cukup lama dan tekstur ikan pun akan keburu jadi garing.

Baca juga: Tips Memilih, Membersihkan, dan Memotong Ikan

2. Rendam ikan dalam bumbu terlebih dahulu

Ikan hanya akan digoreng sebentar maka pastikan bumbu-bumbu sudah meresap dan menempel sempurna ya. Demi menyiasati hal tersebut, sebaiknya anda marinasi atau merendam ikan dalam racikan bumbu-bumbu selama minimal ½ jam. Akan lebih maknyuss lagi jika anda rendam semalaman dalam wadah tertutup, dan simpan di dalam chiller lemari es. Jika bumbu lebih meresap, maka ikan hanya perlu waktu sebentar untuk matang, bukan?

3. Gunakan teknik menggoreng pan-frying

Untuk menggoreng ikan ‘berdaging’ ini, ada teknik menggoreng khusus yang harus anda gunakan, yaitu dengan cara pan-frying atau menggoreng dalam minyak banyak tapi tidak sampai merendam seluruh bagian ikan. Hal tersebut bertujuan agar ikan bisa matang, namun teksturnya tidak terlalu garing.

Baca juga: 4 Tips Sukses Menggoreng Ikan

4. Pastikan minyak dalam keadaan panas

Poin ini sangat penting agar menciptakan hasil ikan yang matang namun tetap basah ‘berdaging’. Sebelum mencelupkan ikan ke dalam minyak, pastikan minyak tersebut sudah benar-benar panas. Untuk memastikannya, anda bisa perhatikan minyak dalam wajan. Jika muncul gelembung kecil, artinya minyak sudah benar-benar panas. Setelah minyak panas, segera kecilkan api lalu masukkan ikan secara perlahan dan biarkan masak beberapa saat.

5. Goreng ikan sebentar saja

Untuk menghasilkan ikan yang ‘berdaging’ tapi tetap matang di dalam, sebaiknya anda menggoreng ikan sebentar saja. Yaitu cukup sekitar 2-3 menit dalam api sedang sampai warna kulit ikan keemasan. Selain untuk mendapatkan tekstur ikan sesuai dengan yang diharapkan, memasak ikan dengan cara seperti ini juga bisa mempertahankan nutrisi ikan lho dari kerusakan akibat proses memasak (panas) yang terlalu lama. Oh iya, cukup balik ikan sekali saja untuk mematangkan sisinya yang lain. Jika terlalu sering dibolak-balik, ikan malah jadi hancur dan berminyak.

Seporsi ikan goreng ‘berdaging’ yang lembut dan gurih pun siap untuk menemani waktu bersantap anda bersama keluarga. Coba resep lezat di bawah ini.