Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sate sapi identik sebagai menu istimewa dan banyak dipilih untuk disantap ketika jajan di luar. Apalagi sate ini juga jadi salah satu icon kekayaan kuliner Indonesia. Beberapa daerah punya kekhasan dari sajian sate sapinya. Sebut saja sate maranggi khas Sunda, sate Jepara, dan sate sapi suruh khas Salatiga.

Tak hanya tenar sebagai menu jajan, sate sapi ternyata juga sering disajikan di rumah lho saat momen istimewa seperti hari raya Qurban atau acara kumpul merayakan pergantian tahun. Karena dibuat sendiri, tak jarang beberapa dari kita mengeluhkan sate berbau amis dan masih keras (alot). Agar anda terhindar dari hal tersebut, simak yuk tips mengolahnya berikut ini.

1. Hindari mencuci daging sapi

Tak seperti bahan makanan lainnya yang harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah, daging sapi justru pantang dicuci. Karena hal tersebut hanya akan membuat daging sapi berbau dan punya rasa lebih amis. Anda cukup mengusap permukaan daging sapi (yang masih dalam bentuk gumpalan besar) dengan tisu dapur untuk mengangkat kotoran. Pastikan juga anda memanggang sapi sampai benar-benar matang agar kuman yang terdapat dalam daging sapi bisa mati.

2. Perhatikan ukuran potongan daging

Agar lebih mudah dibakar, daging sapi untuk sate biasanya harus dipotong dengan bentuk dadu terlebih dahulu. Tapi bukan berarti anda bisa memotong daging sapi dengan ukuran yang sembarangan. Pastikan anda memotong daging sapi dengan ukuran sama rata dan ketebalan sedang agar nantinya daging sapi anda bisa matang merata secara bersamaan.

3. Balurkan bumbu halus pada daging sapi

Jika selama ini anda hanya membumbui daging sapi dengan lada dan garam, sebaiknya anda mengganti kebiasaan tersebut. Usahakan untuk menambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, dan kencur yang tak hanya membuat rasa sate semakin lezat, tapi juga bisa membantu menyamarkan bau amis pada sate nda. Setelah itu, anda bisa mendiamkan sate selama minimal setengah jam agar bumbu lebih meresap.

4. Bungkus daging sapi dengan daun pepaya

Sebelum mendiamkan sate yang telah dilumur bumbu halus, anda juga bisa membungkusnya dengan daun pepaya yang sudah dicuci dan diremas terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar daging sapi benar-benar empuk ketika dimakan. Bungkus selama sekitar 2 jam dan simpan di dalam lemari es. Sambil menunggu bumbu lebih meresap, membungkus daging sapi dengan daun pepaya bisa membuat daging sate jadi lebih empuk lho.

Siap untuk bakar-bakar sate sapi sendiri di rumah? Langsung saja yuk pilih salah satu resep lezat berikut ini.