Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika sedang tidak punya banyak waktu memasak atau malas masak yang terlalu kompleks, saya biasanya memilih tumisan sebagai menu makan. Nah, tumisan yang paling sering saya buat adalah tumis berbahan daging sapi. Jenis masakannya pun bervariasi, seperti teriyaki, sapi lada hitam, yakiniku, hingga kebab. Selain praktis, tumis daging juga cukup bergizi tinggi sehingga saya tak perlu khawatir akan pemenuhan zat gizi harian.

Sesuai istilahnya, tumisan merupakan metode masak cepat dengan api besar agar tekstur bahan makanan tetap terjaga. Nah masalahnya, kita juga tahu bahwa daging sapi termasuk bahan yang butuh waktu pemasakan lama agar tidak keras (alot) dan bumbunya bisa merasuk sempurna. Jadi saya harus pintar-pintar dalam mengolahnya agar tumisan daging bisa enak dan empuk. Berikut saya bagikan tipsnya untuk anda.

1. Iris daging tipis-tipis

Agar tumis daging cepat matang, maka anda harus mengirisnya setipis mungkin. Masalahnya, tekstur daging yang kenyal dan elastis akan menyulitkan anda memotongnya secara tipis. Tapi tenang saja, anda bisa menyiasatinya dengan membekukan daging terlebih dahulu hingga setengah beku. Daging yang beku memiliki tekstur yang keras dan padat, serta bentuknya akan tetap konsisten sehingga memudahkan anda saat memotongnya.

Gunakan pisau tajam sehingga anda akan bisa mengirisnya benar-benar tipis. Pastikan juga untuk mengiris daging dengan ukuran yang sama, agar nantinya daging bisa matang sempurna secara bersamaan.

2. Hindari mencuci daging

Setelah mengiris daging jadi tipis, anda sebaiknya tidak mencucinya. Hal ini hanya akan membuat daging jadi amis ketika dimasak. Cukup hilangkan kotoran yang nampak dengan lap atau tissue dapur.

3. Rendam daging dengan bumbu (marinasi)

Sebelum ditumis, ada baiknya anda merendam daging terlebih dahulu dengan bumbu sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Misalkan, untuk membuat teriyaki, anda harus merendam daging dengan campuran saus teriyaki, kecap manis, kecap asin, dan bumbu lainnya selama minimal 1 jam. Akan lebih bagus lagi jika anda merendamnya semalaman penuh. Selain membuat bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna, proses perendaman ini juga bisa membuat tekstur daging jadi lebih empuk.

4. Masak daging sebentar saja

Langkah terakhir yaitu menumis daging. Gunakan api besar dan masukkan daging setelah bawang putih atau bombay sudah ditumis hingga harum. Masak daging sebentar saja, tidak lebih dari 3 menit agar daging tidak berubah jadi alot/keras. Agar matang merata, anda juga harus menggongseng atau membolak-balik/mengaduk daging selama pemasakan.

Dengan tips di atas, tumisan daging ternyata tak kalah praktis, cepat, dan enak dibandingkan tumis sayuran dong. Tertarik untuk langsung coba? Klik yuk salah satu resep tumisan daging berikut.