Penulis: Khasanis.A | Editor: Ria

Pecel sayur, makanan yang konon menurut sejarah berasal dari Ponorogo ini merupakan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat luas. Selain rasanya yang khas dan enak, harganya juga cukup murah. Di beberapa daerah, pecel hanya dibanderol dengan harga 5000-6.500 rupiah sudah lengkap bersama lauk pendamping seperti peyek dan tempe goreng. Akan lebih nikmat lagi kalau pecel tadi disajikan dengan alas pincuk daun pisang, dan dinikmati langsung menggunakan tangan. Mantap!

Cara membuat pecel juga tergolong mudah, tinggal haluskan kacang yang sudah digoreng bersama bumbu-bumbu lain. Kemudian siram sambal kacang tersebut di atas rebusan sayur dan sajikan bersama aneka lauk pendampingnya. Nah, jika anda akan membuat pecel sendiri di rumah dan bingung ingin menggunakan sayur apa, simak beberapa pilihan sayuran berikut.

1. Tauge

Agar lebih enak, jangan rebus tauge anda. Cukup seduh tauge dengan air panas sehingga rasa renyahnya akan tetap terjaga. Jangan lupa untuk pilih tauge bertangkai panjang, bukan tauge pendek yang biasa dipakai untuk  rawon atau soto.

2. Kacang panjang

Untuk kacang panjang, anda bisa potong sepanjang 2 ruas jari atau sesuai selera, kemudian rebus hingga matang dan tiriskan.

3. Mentimun

Supaya ada kesan segar, anda bisa juga gunakan mentimun sebagai isian sayur. Cukup iris mentimun jadi kecil-kecil sesuai selera.

4. Kemangi

Kemangi tak boleh terlewatkan untuk jenis makanan yang berguyur atau disajikan bersama sambal. Pilih daun kemangi yang segar sehingga renyah dan sedap ketika disantap.

5. Bayam

Petik daun bayam bersama sedikit bagian batangnya yang empuk. Rebus daun bayam sebentar saja supaya tidak terlalu layu.

6. Kuncup kembang/bunga turi

Pecel dengan isian kembang turi ini merupakan pecel khas Madiun. Kembang turi ini akan menyumbangkan rasa sedikit pahit sehingga rasa pecel pun jadi lebih unik dan bervariasi. Seperti tauge, kembang turi cukup diseduh dengan air panas sebelum disajikan.

7. Kol

Kol bisa anda sajikan dalam keadaan mentah atau segar. Tapi jika anda kurang yakin, anda juga bisa menyeduhnya dengan air panas seperti tauge dan kembang turi.

8. Kangkung

Anda bisa gunakan daun kangkung sekaligus batangnya. Jika mendapatkan kangkung rawa yang berbatang besar, anda bisa belah batangnya sebelum direbus untuk memastikan tidak ada hewan dalam rongganya. Rebus bagian batang terlebih dulu hingga setengah matang, baru masukkan daun kangkung agar keduanya bisa matang bersamaan.

9. Labu Siam

Pilih labu siam muda yang berukuran lebih kecil dari biasanya. Labu siam ini lebih empuk dan tidak terlalu banyak bergetah. Anda bisa kupas, potong-potong, lalu rebus labu siam hingga empuk dan matang.

10. Daun Kenikir

Cukup petik bagian daunnya saja, kemudian cuci dan rebus hingga matang.

Aneka jenis sayur di atas adalah isian pecel yang sudah lazim digunakan. Jadi, anda suka perpaduan sayur apa saja? Langsung yuk sajikan sayur pecel di rumah dengan resep praktis dan enak berikut ini.

Resep Pecel Sayur