Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika sedang bosan makan daging, saya biasanya memasak jamur untuk lauk. Selain gizinya yang tak perlu diragukan lagi, jamur juga memiliki rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan daging. Tak perlu dibuat macam-macam dan cukup ditumis saja, rasa jamur sudah nikmat dan gurih. Jamur yang saya gunakan pun bervariasi, seperti jamur tiram atau jamur kancing. Saya biasa membuatnya selang-seling atau bergantian agar keluarga tidak bosan.

Menurut saya, tumis jamur yang enak adalah yang tekstur jamurnya lunak tapi tidak lembek, jadi masih terasa sedikit renyah atau kenyal ketika digigit. Nah, untuk mendapatkan tekstur seperti itu, intip dulu tips di bawah ini sebelum anda mulai memasak ya.

1. Pastikan memilih jamur yang masih segar

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat membeli jamur adalah kesegarannya. Jamur yang segar akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Untuk mengetahui apakah jamur yang akan anda beli masih segar atau tidak, anda bisa mengecek kelengkapan jamur. Usahakan pilih jamur yang bentuknya masih utuh. Selain itu, pastikan juga jika jamur tidak basah, lembap, atau berlendir. Karena bisa jadi jamur tersebut sudah disimpan lama dan rasanya pun pasti kurang enak.

Baca juga: 6 Aneka Jamur yang Ada di Indonesia

2. Perhatikan cara mencuci jamur

Salah satu poin penting yang harus anda perhatikan sebelum mengolah jamur adalah cara mencucinya. Berbeda dengan cara mencuci bahan makanan lainnya, mencuci jamur memerlukan trik khusus. Jangan sekalipun mengguyur, mencuci jamur di air mengalir, apalagi sampai merendamnya, karena hal tersebut akan membuat jamur jadi lembek ketika dimasak. Untuk membersihkan jamur dari kotoran dan tanah yang menempel, cukup siapkan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air bersih, lalu lap seluruh permukaan jamur dengan lembut sampai semua tanah dan kotoran yang menempel hilang.

Baca juga: Tips Mempersiapkan, Mengolah, dan Memasak Jamur

3. Jangan memasak jamur terlalu lama

Untuk mendapatkan tumis jamur dengan tekstur yang lembut namun masih renyah, pastikan agar anda tidak memasaknya terlalu lama. Setelah bumbu ditumis sampai matang, tambahkan sedikit air, beri bumbu, lalu tunggu sampai air tersebut mendidih. Selanjutnya, baru masukkan jamur dan aduk sampai seluruh bumbu tercampur rata ke seluruh bagian jamur. Gunakan api sedang agar jamur cepat matang dan layu, lalu segera matikan api dan pindahkan tumis jamur anda ke dalam piring saji.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau pada Jamur Tiram

4. Hindari menghangatkan kembali tumis jamur

Setelah tumis jamur anda matang, sebaiknya anda langsung mengonsumsinya sampai habis. Hindari membuat tumis jamur dalam porsi besar untuk stok. Karena jika tumis jamur dihangatkan kembali, rasanya akan berubah dan teksturnya pun menjadi lembek, bahkan basi. Jadi, usahakan untuk segera menyantap habis tumis jamur sesaat setelah matang.

Dengan tips di atas, sekarang anda bisa menikmati seporsi tumis jamur tiram atau kancing dengan tekstur yang pas dan tidak terlalu lembek. Jadi kegiatan makan anda bersama keluarga pun menjadi lebih menyenangkan. Yuk langsung eksekusi dengan resep praktis yang pasti enak berikut ini.