Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Akhir-akhir ini saya jadi ngeri sendiri melihat berita tentang makanan yang memakai pewarna tekstil berbahaya. Padahal sebenarnya harga pewarna makanan sintetik yang aman itu tidak terlalu mahal. Jika anda ingin sedikit ribet tapi dijamin lebih sehat, ada beberapa pewarna makanan yang bisa anda buat sendiri dari bahan alami. Untuk warna hijau, bahan yang paling sering dimanfaatkan yaitu daun suji dan daun pandan. Daun pandan sendiri sebetulnya lebih sering digunakan untuk memberi citarasa masakan lho.

Apakah anda tahu pasti perbedaan kedua daun tersebut? Bukan hanya dalam hal fisik, keduanya pun punya kegunaan masing-masing. Langsung yuk cek penjelasannya di bawah ini.

1. Kenampakan

Daun pandan berciri utama yaitu daun yang memanjang, runcing, berwarna hijau muda, dan mengkilap, serta memiliki tulang daun di tengahnya. Untuk daun pandan yang sudah tua, terdapat gerigi tajam di bagian tepinya, yang harus diserut sebelum digunakan agar tidak melukai kulit. Sementara itu, daun suji berwarna hijau tua gelap dengan bentuk daun yang lebih ‘meliuk’ bulat dan tidak memiliki tulang daun di tengah.

2. Fungsi utama

Fungsi utama dari daun pandan adalah sebagai flavouring atau pemberi citarasa tanpa efek warna. Sebenarnya daun pandan ini juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami (berasal dari endapan ekstraknya), hanya saja warnanya hijau pucat dan kurang cantik. Lain halnya dengan daun pandan, daun suji mampu menghasilkan warna hijau yang pekat dan kuat namun tidak menyumbangkan aroma atau rasa sama sekali.

3. Kegunaan dalam masakan

Karena rasanya yang lembut dan aromanya yang sangat harum, daun pandan ini sering digunakan dalam pembuatan bubur manis seperti bubur sumsum dan candil, kolak, serta minuman tradisional seperti bandrek, es cincau, dan es kacang merah. Daun pandan juga sering digunakan sebagai garnish karena bentuknya yang cantik jika dipotong berbentuk huruf V atau serong tipis. Sedangkan untuk daun suji, masyarakat paling sering menggunakannya sebagai pewarna alami pada aneka jajanan pasar atau kue tradisional seperti dadar gulung, pisang ijo, klepon, dan cendol.

Nah, sudah jelas kan perbedaan antara daun pandan dan daun suji? Meski sekilas mirip, tapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam berbagai hal. Sekarang anda tidak akan keliru lagi dalam pemanfaatannya untuk memasak aneka olahan untuk keluarga dan orang terkasih.