(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Siapa sih yang bisa menolak rasa manis, asam, dan menyegarkan dari buah beri? Buah beri biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijadikan olahan seperti jus, saus, es krim, dan selai, hingga dijadikan campuran dalam oatmeal dan yoghurt. Warna dan bentuk dari buah beri ini juga cerah dan beragam, sehingga sering dijadikan topping atau garnish dalam aneka dessert yang pastinya menggugah selera.

Di Indonesia sendiri, buah beri yang dijual dalam bentuk segar adalah strawberry, sedangkan sisanya kebanyakan dijual dalam bentuk manisan, dried, atau frozen. Buah beri apa yang jadi favorit atau paling sering anda konsumsi? Jangan bilang cuma strawberry, karena ternyata buah beri ini ada banyak macamnya. Apa saja jenis buah beri? Berikut saya rangkumkan informasinya untuk anda.

1. Strawberry

Strawberry adalah jenis buah beri yang paling sering dikonsumsi dan digemari di seluruh dunia, karena rasanya yang manis. Buah strawberry pertama kali ditemukan di Chilli, Amerika. Warna dari strawberry ini merah cerah dengan bentuk seperti segitiga terbalik dengan ujung tumpul, dan memiliki bintik-bintik hitam yang memenuhi bagian luarnya. Dagingnya padat dan berair, sehingga rasanya sangat segar.

Dari segi nutrisi, buah strawberry mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan serat yang pastinya baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

2. Blueberry

Blueberry merupakan jenis buah beri yang berasal dari negara Amerika Utara dan tumbuh di area sub-tropis. Bentuk dari blueberry ini bulat kecil dengan ciri memiliki mahkota di bagian ujung buahnya. Untuk warnanya sendiri sesuai dengan namanya, yaitu biru tua dengan rasa manis dan asam yang kuat. Selain rasanya yang enak, blueberry juga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, blueberry juga rendah gula, jadi cocok dimakan sebagai camilan.

3. Raspberry

Sama seperti blueberry, raspberry juga berasal dari Amerika Utara dan cocok tumbuh di area sub-tropis. Raspberry  memiliki bentuk segitiga tumpul yang dipenuhi dengan bulatan-bulatan kecil berwarna merah yang bergerombol dan berongga di bagian tengahnya. Dari segi rasa, raspberry ini manis dan asam, tapi tidak sekuat blueberry.

Meski begitu, raspberry memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding blueberry. Raspberry kaya akan vitamin C, serat, zat besi, magnesium, dan juga kalium. Meski begitu, raspberry ini bisa memicu alergi, jadi sebelum mengonsumsi raspberry, pastikan anda tidak memiliki riwayat alergi ya.

4. Blackberry

Blackberry banyak dibudidayakan di Amerika Utara, pantai Pasifik, Eropa Barat, dan Kepulauan Inggris. Sekilas, bentuk dari blackberry ini hampir sama dengan raspberry, hanya saja warna blackberry ini hitam pekat. Rasanya manis, asam, dan agak sedikit pahit. Tapi justru kandungan vitaminnya sangat tinggi. Blackberry kaya akan polyphenol dan omega 3 yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. selain itu, kalorinya juga sangat kecil jika dibandingkan jenis buah beri lainnya.

Selain yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak jenis buah beri lainnya seperti barberry, crowberry, bearberry, elderberry, lingonberry, cranberry, nannyberry, dan hackberry. Hanya saja di Indonesia mereka masih sulit ditemukan. Tapi tenang saja, apa pun buah beri yang anda, semuanya sama-sama kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Jadi anda tak perlu ragu untuk mengonsumsinya setiap hari.