Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saya yakin semua orang sudah tahu tentang manfaat susu sapi, terlebih untuk pertumbuhan tulang dan tubuh. Susu sapi kaya akan protein, kalsium, dan berbagai nutrisi lainnya yang bisa menunjang kesehatan. Selain dikonsumsi langsung, susu sapi juga sudah dipakai luas sebagai bahan masak atau membuat kue. Meski demikan, ada beberapa kelompok orang yang menghindari susu sapi karena alasan khusus. Diantaranya yaitu karena alergi terhadap protein susu sapi atau faktor selera.

Oleh sebab itu, sekarang mulai bermunculan alternatif susu selain dari yang bersumber hewani atau biasa disebut non-dairy milk. Simak macam-macamnya di bawah ini.

1. Soy milk

Sejak dulu, saya sudah sering mendengar tentang betapa bagusnya kandungan dalam soy milk atau susu kedelai untuk kesehatan. Sebenarnya susu kedelai lebih tepat disebut sari kacang kedelai, karena memang tidak mengandung susu sama sekali. Hanya saja kenampakannya mirip dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki tekstur yang sedikit berampas dengan aroma dan rasa khas kacang kedelai, serta warnanya yang sedikit kecoklatan atau cream.

2. Oat milk

Nah, yang satu ini terbuat dari oatmeal atau biji gandum yang diolah menjadi sedemikian rupa hingga berbentuk seperti susu namun lebih creamy dan padat. Di Indonesia sendiri oat milk ini terbilang masih jarang dijual. Tapi tenang saja, anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Cara termudah, gunakan oatmeal instant.

Rendam oatmeal tersebut dalam air matang selama beberapa saat lalu blender sekaligus bersama airnya hingga halus. Saring oat milk atau bisa juga dikonsumsi langsung sesuai selera. Oat milk ini terkenal kaya akan kandungan serat dan karbohidrat sehingga cocok diminum sebagai sarapan atau pengganjal perut saat lapar.

3. Almond milk

Almond milk atau susu almond adalah minuman yang terbuat dari esktrak kacang almond. Almond milk memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, karena kaya akan berbagai nutrisi dan juga rendah kalori. Meski begitu, harga susu almond ini terbilang lebih mahal dibandingkan susu lainnya, karena memang bahan bakunya bernilai ekonomis tinggi.

Itu sebabnya pula banyak produsen yang mencampur almond milk ini dengan susu sapi. Bagi anda yang ingin mencari pengganti susu sapi karena alasan kesehatan, sebaiknya perhatikan lagi hal-hal ini. Tanyakan secara rinci kepada produsen atau penjualnya mengenal komposisi almond milk tersebut.

4. Cashew milk

Sama seperti almond milk, cashew milk juga terbuat dari ekstrak kacang. Hanya saja, bahan baku pembuatan cashew milk adalah kacang mete. Selain sehat, cashew milk ternyata juga bisa membantu meningkatkan mood anda, karena kacang mete mempunyai kandungan yang bisa memicu peningkatan hormon serotonin atau hormon kebahagiaan dalam tubuh anda. Cocok sekali kan untuk moodbooster anda. Rasa cashew milk yang nikmat juga akan membuat anda bebas dari rasa eneg saat meminumnya.

5. Coconut milk

Nah, kalau yang satu ini saya rasa paling sering digunakan di antara jenis susu non-dairy lainnya. Coconut milk atau biasa juga kita kenal dengan santan terbuat dari perasan daging kelapa yang dimasak bersama air sampai mengental. Berbeda dari jenis susu non-dairy lainnya yang dinikmati dengan cara diminum langsung, coconut milk lebih sering dijadikan pengganti susu sapi pada minuman seperti teh dan kopi atau pada pembuatan kue. Di Asia sendiri, termasuk Indonesia, coconut milk paling sering digunakan sebagai bahan memasak aneka makanan dan minuman.

6. Red/brown rice milk

Susu dari beras? Ternyata ada lho. Nah, susu beras ini juga bisa menjadi alternatif pengganti susu hewani, karena memang gizinya cukup baik dan bebas laktosa. Biasanya, beras yang digunakan adalah red atau brown rice, karena lebih sehat dibandingkan beras putih. Selain itu, susu beras juga bebas lemak dan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Dengan banyaknya jenis susu di atas, anda punya banyak pilihan agar tetap mendapatkan nutrisi selain dari susu sapi. Agar rasa susu lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan berbagai rasa yang pastinya akan disukai oleh keluarga anda.