(Image: Majalah Embun)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Zaman sekarang, banyak merk pembersih alat-alat dapur yang mudah didapatkan di pasaran. Selain praktis, hasilnya pun terlihat memuaskan dan terkesan lebih kinclong. Namun demi mengurangi limbah plastik, ibu saya mengurangi cairan pembersih kemasan dan membeli abu gosok. Wah, jadul sekali ya?

Abu gosok adalah salah satu pembersih alami yang super ampuh dan serbaguna. Abu ini merupakan limbah pembakaran kayu, tumbuhan, atau sekam padi. Sejak dulu, abu ini bermanfaat untuk membersihkan peralatan dapur seperti wajan, panci, dan lainnya. Namun selain membersihkan, ternyata banyak manfaat tersembunyi dari si abu gosok. Apa saja? Langsung cek di bawah ini, ya.

1. Mengilapkan perkakas dapur berbahan metal.

Perkakas dapur yang terbuat dari stainless steel, alumunium, dan besi tentunya akan berubah kusam karena sering dipakai. Abu gosok secara ajaib dapat mengubah perkakas kusam jadi kembali mengkilap. Caranya, basahi sedikit perabot yang akan dibersihkan. Oleskan abu gosok pada permukaan perkakas seperti wajan, panci, sendok, atau wadah secukupnya. Gosok bagian tersebut dengan kain hingga mengkilap. Jika agak susah mengkilap, gosok lebih keras atau gunakan kain kasar.

Baca juga:  5 Tips Merawat Perabot Keramik Agar Mengkilap Dan Bebas Noda

2. Membersihkan dan menghilangkan karat perabotan masak.

Mencuci perkakas dapur dan piring dengan abu gosok kesannya antik sekali, ya. Namun jangan salah, bahan ini mampu membersihkan seperti sabun cuci modern. Campurkan abu gosok dan jeruk nipis/lemon, lalu oleskan pada perkakas dan piring yang akan dicuci.

Selain membersihkan, abu gosok juga dapat menghilangkan karat perabotan metal seperti wajan, panci, loyang kue, dan sebagainya. Bahkan, bagian bawah perabotan yang hitam karena api pun bisa bersih. Caranya, campurkan sabun colek/sabun cuci, abu gosok, dan sedikit air. Gosok keras bagian karat dan noda hitam dengan sponge bagian kasar hingga bersih.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Alat Masak

3. Menghilangkan lendir lele

Biasanya, salah satu alasan kita malas mengolah lele adalah karena lendirnya. Namun tak perlu bingung, lendir lele bisa hilang dengan abu gosok. Cukup gosok perlahan badan lele yang berlendir dengan abu gosok. Kalau lendirnya sudah hilang, bilas lele di bawah air bersih mengalir.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Ikan Lele Sebelum Dimasak

4. Membuat telur asin homemade.

Tahukah kalau anda kalau telur asin bisa dibuat versi homemade-nya dengan abu gosok? Cara ini cukup tradisional, yakni campur abu gosok dengan garam dengan perbandingan 1:1 lalu tambahkan air hingga terbentuk pasta. Setelah itu, lumuri pada telur bebek mentah dan bungkus hingga 3 minggu. Simple, kan? Dijamin tekstur telur asinnya enak, asinnya pas, dan masir!

Baca juga: 2 Cara Praktis Membuat Telur Asin yang Enak dan Masir

Banyak juga manfaatnya, ya. Dari membersihkan perkakas hingga mengolah makanan, semua bisa dilakukan dengan abu gosok. Selain di atas, masih banyak manfaat dari abu gosok, lho. Kalau anda?

4 Manfaat Arang (Abu Gosok) Di Dapur
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)