Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Urap atau urab adalah salah satu makanan khas yang kaya akan sayuran. Dikenal sebagai salad asli Indonesia, urap bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan menu sayuran lezat yang kaya akan citarasa. Simak beberapa sayuran berikut ini yang bisa jadi pilihan untuk isian urap Anda.

1. Bayam

Pilih bayam yang berdaun lebar dan besar. Cukup rebus bayam sebentar saja di air mendidih (blanching) agar tidak terlalu layu dan kehilangan zat besinya yang baik untuk kesehatan.

2. Tauge

Pilih tauge bertangkai panjang, muda, dan bersih. Tauge panjang ini berbeda jenis dengan tauge pendek yang sering digunakan untuk soto. Agar rasa tauge tetap ‘kriuk’, cukup rendam tauge dalam air panas sebentar saja sebelum ditiriskan kembali.

3. Wortel

Potong wortel jadi bentuk korek api sebelum direbus hingga matang. Jangan merebusnya terlalu lama agar warna cantik dan tekstur renyah wortel tetap terjaga.

4. Kol

Iris tipis kol atau kubis putih yang akan digunakan untuk urap. Rebus di dalam air mendidih lalu tiriskan hingga tidak ada lagi sisa air rebusannya. Hal ini dilakukan agar kol tetap tahan lama (tidak membuat basi) saat dicampurkan dengan sayuran urap lainnya.

5. Kacang Panjang

Rasanya kurang lengkap jika anda membuat urap tanpa kacang panjang. Yup, sayuran yang satu ini biasanya memang tidak pernah ketinggalan saat membuat urap. Pilih kacang panjang yang masih muda, berwarna hijau tua, diameternya tidak terlalu besar, dan saat dipotong teksturnya masih renyah.

6. Daun Singkong

Pilih daun singkong muda agar lebih empuk, enak, dan lebih cepat matang saat direbus. Tambahkan sedikit gula pasir saat merebus daun singkong agar rasanya lebih manis.

7. Daun Pepaya

Untuk anda penggemar sayuran pahit, daun pepaya muda bisa ditambahkan dalam urap. Agar rasa pahitnya berkurang, rebus daun pepaya sebanyak dua kali. Buang air rebusan pertama lalu rebus kembali daun pepaya hingga matang.

8. Petai Cina

Jika gemar menyantap petai cina atau petai yang berbentuk kecil-kecil, anda juga bisa menambahkan petai cina ini ke dalam isian urap. Cukup cuci bersih petai lalu taburkan di atas urap yang sudah dicampur bumbu.

9. Kemangi

Agar urap yang anda buat lebih wangi, tambahkan segenggam atau beberapa lembar daun kemangi di atas urap yang sudah diaduk dengan bumbu. Sedap!

10. Kelapa Parut

Bahan terakhir namun yang paling penting, bumbu kelapa parut. Gunakan kelapa setengah muda dan parut sesaat ketika akan dimasak saja, agar rasa manis alaminya lebih terasa. Campur rata kelapa parut dengan aneka bumbu dan kukus hingga matang. Agar urap lebih awet (tidak mudah berair dan basi), campurkan sayuran dan bumbu kelapa hanya saat urap akan dimakan, ya!

Setelah direbus, masukkan sayuran ke dalam air es untuk menghentikan pemasakannya. Kemudian tiriskan sayuran hingga airnya benar-benar hilang supaya tidak mudah basi. Simpan sayuran terpisah dan masukkan ke dalam lemari es jika urap belum akan disajikan. Saat akan disantap, cukup rendam sayuran sebentar dalam air hangat, tiriskan, dan campur dengan bumbu kelapanya. Voila, urap segar dan gurih siap dihidangkan!