(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Siapa sih yang tak kenal lemon? Satu dari 5 jenis jeruk di Indonesia ini termasuk populer. Entah dibuat minuman segar seperti es limun, saus masakan, hingga kue-kue favorit saya yaitu lemon sponge cake dan lemon cupcake. Namun tahukah anda bahwa buah berkulit kuning ini punya segudang manfaat? Tak hanya sebagai bahan atau bumbu masakan, tapi juga manfaat-manfaat lain yang mendukung proses memasak. Apa saja? Langsung scroll ke bawah ya!

1. Hilangkan bau tak sedap.

Manfaat yang satu ini pastinya sudah sering dilakukan ya. Lemon mengandung asam yang mampu mengusir bau amis dan aroma lain yang kurang sedap. Cukup peras lemon dan lumuri pada daging, bebek, ikan, jeroan, seafood, dan lainnya dalam proses marinasi. Diamkan beberapa saat dan bahan masak apapun akan bebas amis!

Baca juga: 4 Tips Memasak Lele Agar Tidak Amis dan Bau Tanah

2. Empukkan daging.

Selain menghilangkan bau amis, lemon juga ampuh untuk mengempukkan daging yang alot seperti daging sapi, kambing, cumi segar, dan sebagainya. Caranya tidak jauh beda dengan proses marinasi, yakni peras jeruk lemon dan lumuri atau rendam bahan alot pada air perasan lemon. Setelah itu, simpan dalam kulkas selama beberapa jam.

Baca juga: 4 Tips Agar Daging Menjadi Lebih Empuk

3. Bersihkan perkakas dan alat masak.

Faktanya, ada alat masak yang sebetulnya tak boleh sering dicuci dengan sabun cuci piring misalnya teflon. Oleh karena itu dipakailah bahan-bahan alami untuk membersihkan perkakas atau alat masak tersebut, dan salah satunya adalah lemon. Bersihkan berbagai perkakas seperti teflon dan perkakas kayu dengan air perasan lemon, setelah itu cuci dengan air bersih dan tiriskan. Selain membersihkan aroma tak sedap, air jeruk lemon juga bisa menghilangkan karat pada wajan atau loyang lho.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu

4. Hilangkan noda kunyit dan bau bawang di tangan.

Entah memarut kunyit atau memotong bawang, pasti ada noda atau bau yang tertinggal di tangan. Dengan air perasan jeruk lemon, kita bisa mengusahakan noda-noda tersebut supaya lenyap dari tangan. Untuk noda kunyit, peras jeruk lemon dan campurkan airnya dengan baking soda. Setelah jadi pasta, lumuri bagian tangan atau kuku yang terkena noda kuning. Nah kalau bau bawang, cukup peras lemon dan lumuri airnya pada tangan anda.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

5. Menyimpan buah potong agar tetap segar dan tidak browning.

Mau bawa bekal apel atau pir potong, tapi takut browning? Tak perlu bingung karena buah lemon siap membantu! Asam yang terkandung dalam lemon dapat menghambat oksidasi dan menjaga buah tetap renyah. Caranya, rendam buah potong dalam larutan air dan air perasan jeruk lemon. Simpel kan?

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Buah Potong Agar Tetap Segar

6. Mengurangi rasa pedas di mulut.

Kalau makan oseng mercon, pasti rasa pedasnya awet di lidah ya. Untuk meredakannya, sediakan air perasan lemon saja. Rasa asam yang cukup kuat dapat menggantikan rasa pedas. Apalagi kalau dicampur air hangat dan sedikit gula, jadilah lemonade hangat yang pas sekali untuk menutup makan-makan pedas anda.

Baca juga: Tips Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut dengan Cepat

Berarti kita harus buru-buru stok jeruk lemon di dapur ya! Lemon tak selalu identik dengan harga mahal lho. Beli saja yang versi lokalnya di pasar tradisional. Pilih buah lemon yang segar dengan warna kuning cerah dan tercium aroma asam-segar di kulitnya. Selamat belanja!

6 Manfaat Lemon Di Dapur
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)