(Image: Istock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Setelah melihat tayangan kuliner di televisi yang membahas sajian udang saus telur asin, saya jadi ingin makan telur asin. Rasa asin sekaligus gurih dari telur asin memang selalu membuat saya rindu untuk menyantapnya. Jika beruntung dan pintar memilih saat membelinya, anda bisa dapat telur asin yang masir, yaitu bagian kuning telurnya meleleh, lembut, dan bertekstur seperti pasir ketika disantap.

Jika senang bereksperimen dan punya waktu luang, tak ada salahnya anda coba membuat sendiri telur asin di rumah. Selain lebih terjamin kualitasnya, anda juga bisa menyesuaikan tingkat rasa asinnya. Yuk, pelajari dulu tips di bawah ini agar telur asin yang anda buat tak gagal dan rasanya enak.

1. Membuat telur asin secara tradisional

Untuk membuat telur asin secara tradisional anda perlu menyiapkan telur bebek mentah, garam, air, abu gosok/bubuk batu bata merah, panci, wadah pengaduk, dan baskom. Pastikan semua alat bersih, ya.

Pertama, buat adonan pasta dari abu gosok, garam, dan air. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1 antara garam dan abu gosok, lalu tambahkan air sampai adonan berbentuk pasta.

Kedua, bungkus seluruh permukaan telur yang telah dicuci dan diamplas dengan pasta tersebut dengan ketebalan sekitar 1-2 mm. Pastikan seluruh permukaan telur tertutup dengan sempurna, ya, lalu simpan di baskom dan diamkan sekitar 3 minggu.

Setelah 3 minggu, anda bisa mulai membersihkan telur dari adonan pasta. Lakukan perlahan agar telur tidak pecah. Cuci bersih telur dan olah telur asin sesuai selera seperti direbus atau dicampurkan dalam berbagai masakan.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Telur Asin Asli dan Palsu

2. Membuat telur asin secara praktis

Jika tidak punya cukup waktu untuk membuat telur asin secara tradisional, anda bisa memakai cara praktis yaitu dengan hanya menggunakan air dan garam. Cara membuatnya sangat mudah.

Pertama, cuci bersih lalu amplas perlahan telur agar pori-porinya terbuka sehingga garam bisa meresap dengan sempurna ke dalam telur.

Kedua, panaskan air dalam panci sampai mendidih, lalu masukan garam sedikit demi sedikit sampai larut sembari diaduk. Jika garam sudah larut, matikan panci dan dinginkan air garam sampai mencapai suhu ruangan.

Langkah terakhir, rendam telur dalam air garam hingga terendam sempurna seluruh permukaannya. Simpan rendaman telur di tempat yang kering dan bersih selama kurang lebih 3 minggu. Tapi jika anda ingin tidak terlalu asin, cukup rendam telur selama 12 hari saja. Tiriskan telur, cuci bersih, dan telur asin siap diolah lebih lanjut.

Baca juga: Aneka Olahan Unik dari Telur Bebek

Cara apapun yang dipilih untuk mengolah telur asin, pastikan agar melakukannya sesuai petunjuk, ya, agar anda bisa mendapatkan rasa telur asin terbaik. Selamat mencoba!