(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu.K

Saya paling tak bisa memalingkan mata dari cupcake. Kue ini selalu dihias dan dikemas sangat menarik, apalagi yang dijual di toko kue atau bakery. Namun berhubung harga di toko cukup mahal, saya lebih sering buat cupcake sendiri dengan rasa favorit coklat dan lemon. Proses buat cake-nya sih lancar, tapi untuk bikin dekorasi cantik seperti di toko itu butuh usaha. Kadang frosting mampet di pipping bag lah, atau tak bisa melakukan pipping (mencetak krim atau adonan dengan spuit) dengan rapi. Namun sekarang tak perlu khawatir lagi. Ada trik dan tips agar dekorasi cupcake terlihat cantik seperti di toko. Makanya, scroll ke bawah yuk!

1. Sebelum mendekor, pastikan cupcake sudah dingin.

Kadang rasanya tak sabar saat lihat cupcake yang baru keluar dari oven. Tangan tuh rasanya gatal dan ingin langsung mendekor dengan aneka topping. Tapi aturannya, cupcake harus didinginkan dulu sebelum dihias. Suhu cake yang hangat dapat melelehkan buttercream. Jadi meski kita berhasil buat frosting yang cantik dan kokoh, lama-lama ia akan jatuh juga dan penampilan cupcake jadi kurang menarik.

Diamkan kue dalam suhu ruang dulu selama 1 jam. Setelahnya, anda bisa mulai mendekor sekreatif mungkin. Oh ya setelah keluar dari oven, langsung pindahkan cupcake dari loyang ya. Loyang panas secara tidak langsung “melanjutkan” proses pemanggangan cupcake. Tentu anda tak mau tekstur cupcake anda jadi lembek kan?

Baca juga: 6 Tips Sukses Membuat Cupcakes

2. Perhatikan konsistensi buttercream.

Buttercream adalah frosting yang tepat untuk cupcake. Sebab, teksturnya lebih padat dan kokoh bila dibandingkan dengan whipping cream.Oleh karenanya penting untuk memperhatikan konsistensi buttercream agar terlihat padat di atas cupcake. Konsistensi yang tepat adalah kaku dan tidak lembek (encer) saat keluar dari spuit (pipa cetakan). Jadi, pastikan takaran bahan pembuatan buttercream-nya sudah pas ya. Kalau buttercream terlalu ‘tipis’, tambahkan gula halus dan aduk lagi hingga kaku.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membuat Buttercream

3. Persiapkan pipping bag (plastik segitiga) dengan baik.

Kalau konsistensi buttercream sudah tepat, siapkan pipping bag atau plastik segitiga bening. Tentukan spuit favorit anda, misalnya lingkaran, french tip, atau bintang. Gunting ujung bawah pipping bag atau plastik sehingga pas dengan spuit. Gunting lubang kecil dulu jika baru pertama kali melakukan pipping ya. Kalau spuit belum pas juga, gunting lagi sedikit demi sedikit hingga benar-benar pas.

Masukkan buttercream dalam pipping bag. Gunakan sendok besar untuk memadatkan buttercream. Setelah itu putar bagian atas pipping bag atau plastik, dan anda siap untuk pipping cupcake.

4. Cetak buttercream secara perlahan.

Saya percaya kalau mencetak buttercream di atas cupcake harus dilakukan secara perlahan dan sabar, terutama bagi pemula. Tujuannya agar pola yang dihasilkan bisa rapi dan tidak merembet keluar dari cake. Nah, coba ikuti langkah-langkah berikut yuk.

  • Arahkan ujung spuit ke tepi luar cupcake.
  • Tekan bagian atas pipping bag dengan satu tangan, sedangkan tangan yang lain dapat menyangga bagian dekat pipa cetak agar gerakan mencetaknya bisa stabil.
  • Cetak melingkar dimulai dari bagian tepi hingga memuncak di tengah secara perlahan.

5. Beri topping hanya saat ingin disajikan.

Selain frosting, anda juga bisa mempercantik cupcake dengan topping. Berikan potongan oreo, chocochips, meses, buah kering, irisan buah segar, dan lain sebagainya. Supaya cupcake tetap cantik, taburkan topping saat akan  disajikan. Dengan begitu, topping akan tetap segar, cantik, dan tidak kehilangan teksturnya.

Itu dia cara mendekor cupcake yang benar. Saya sendiri belum bisa melakukannya dengan sempurna, jadi harus tetap berlatih nih. Ayo terus coba di rumah dan jangan menyerah!