Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika anda sedang mencari makanan alternatif untuk sarapan, maka anda bisa mencoba mengonsumsi oatmeal. Seperti yang kita ketahui, oatmeal sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Karena oatmeal tinggi akan serat, antioksidan, fosfor, asam folat, omega 3, dan kandungan nutrisi lainnya. Poin plusnya, oatmeal juga bagus untuk menurunkan berat badan, lho, jadi sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan program diet.

Saat ini, oatmeal sudah banyak tersedia di supermarket. Anda juga bisa memilih mau beli oatmeal instant yang tinggal seduh atau oatmeal quickcook yang harus dimasak terlebih dahulu. Rasa dari kedua oatmeal tersebut sama. Yang berbeda hanyalah teksturnya. Oatmeal instant memiliki tekstur yang halus dan lembut seperti bubur, sedangkan oatmeal quickcook memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar. Berikut ini akan dipaparkan cara memasak oatmeal dengan berbagai cara dan alat sesuai jenisnya.

1. Cara memasak oatmeal instant

Oatmeal instan bisa menjadi solusi bagi anda yang tak punya banyak waktu memasak. Anda hanya perlu menyeduh oatmeal instan dengan air atau susu panas dengan perbandingan 1:1. Tapi jika anda tidak suka oatmeal yang terlalu kental, anda bisa membuat perbandingan 1:2 dengan jumlah air atau susu dua kali lipat dibanding oatmeal. Aduk sebentar, oatmeal pun siap dinikmati dengan topping sesuai selera.

Baca juga: Manfaat Sarapan Oat Setiap Pagi untuk Kesehatan

2. Cara memasak oatmeal quickcook

Berbeda dari oatmeal instan yang tinggal seduh, oatmeal quickcook harus dimasak terlebih dahulu agar matang. Anda bisa memasaknya dengan menggunakan berbagi cara seperti berikut.

Memasak dengan cara direbus

Cara memasak oatmeal dengan cara direbus ini sebenarnya hampir sama dengan cara memasak oatmeal instan, hanya saja sambil dimasak di atas kompor. Tapi karena oatmeal quickcook teksturnya agak keras, jadi komposisi airnya harus sedikit lebih banyak. Usahakan untuk terus mengaduk oatmeal sampai ke dasar agar panci anda tidak berkerak atau gosong. Masak sampai anda mendapatkan tekstur yang diinginkan, setelah itu sajikan bersama topping sesuai selera.

Memasak dengan menggunakan rice cooker

Ternyata anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk memasak oatmeal, lho. Caranya sangat gampang, masukkan satu cangkir oatmeal ke dalam panci rice cooker, lalu tambahkan air 1 ¾ – 2 ½ gelas. Masak dalam mode cook dan tunggu sampai oatmeal matang. Setelah itu, aduk oatmeal dalam panci agar merata dan sajikan dalam keadaan hangat.

Memasak dengan menggunakan microwave

Terakhir, anda juga bisa memasak oatmeal dengan microwave. Caranya sangat mudah. Tambahkan satu cangkir oatmeal dan 2 gelas air atau susu ke dalam mangkuk tahan panas. Kemudian masukkan ke dalam microwave selama 2 – 3 ½ menit saja. Setelah itu beri topping sesuai selera. Memasak oatmeal dengan menggunakan microwave ini bisa jadi solusi bagi anda yang sedang terburu-buru dan tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Baca juga: 3 Macam Jenis Oat

Topping yang ditambahkan pada oatmeal juga akan mempengaruhi kelezatannya, lho. Jika anda ingin menikmati oatmeal yang manis, sebaiknya hindari penggunaan gula yang berlebih. Pilihlah madu atau potongan buah-buahan manis seperti pisang, anggur, dan kurma untuk memberikan rasa manis alami.

Sedangkan untuk oatmeal dengan rasa asin atau gurih, hindari penggunaan topping yang digoreng. Pilihlah minyak zaitun, telur rebus, dan kacang sangrai. Semangkuk oatmeal sehat dan lezat pun siap anda nikmati.