Penulis: Ninna.L

Saya kurang suka makanan berat seperti nasi untuk sarapan. Karena itu saya selalu menyediakan roti tawar yang bisa dengan mudah dimakan dengan olesan selai. Tapi salah satu kekurangan dari roti tawar adalah cepat mengeras sehingga jadi kurang enak untuk dinikmati. Roti yang mengeras ini sayang sekali untuk dibuang karena memang belum habis masa kadaluwarsanya. Di akhir pekan atau saat senggang, saya akan menyiasati roti tawar keras dengan merombaknya jadi makanan lain yang jauh lebih enak seperti ini.

1. French toast

Olahan pertama yang bisa anda buat dari sisa roti tawar yang sudah mengeras adalah french toast. Cara mengolahnya sangat simpel dan praktis. Kocok telur bersama susu, bubuk kayu manis, vanila, garam, dan gula. Setelah itu, celupkan sebentar roti tawar ke dalam kocokan tersebut dan panggang di atas pan sampai berwarna kecokelatan di kedua sisinya. Sajikan bersama topping sesuai selera.

2. Puding roti

Selain bergizi dan mengenyangkan, puding roti juga memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Cara membuat puding roti sangat mudah. Pertama-tama, sobek beberapa lembar roti menjadi serpihan kecil lalu campurkan ke dalam air rebusan susu, gula pasir, dan vanili. Setelah roti hancur, tambahkan kocokan telur dan margarin dan aduk sampai rata. Masukan puding ke dalam cetakan, tambahkan keju parut dan kismis di atasnya agar lebih nikmat, lalu panggang dalam oven hingga matang. Jika tak ada oven, puding roti juga bisa dikukus, kok.

3. Klapertart

Selanjutnya, anda bisa coba mengolah roti tawar menjadi klapertart. Celupkan roti tawar ke dalam susu cair, lalu sisihkan. Selanjutnya susun roti tawar di mangkuk tahan panas. Setelah itu, tuangkan adonan yang terbuat dari campuran telur, gula pasir, susu cair, kelapa muda, kismis, garam, dan vanila. Lalu tutup lagi atasnya dengan roti yang sudah dicelup ke dalam susu cair. Panggang di oven selama kurang lebih 80 menit. Sajian ini cocok untuk anda yang tidak suka kue terlalu manis karena citarasanya berpadu antara gurih dan manis.

4. Bagelen

Jika anda bosan mengolah roti menjadi makanan basah, maka bagelen bisa jadi solusinya. Membuat bagelen ini sangat gampang. Anda hanya perlu memotong roti tawar menjadi empat bagian, lalu olesi dengan krim dari campuran gula pasir dan mentega. Panggang selama kurang lebih sepuluh menit atau sampai roti mengering. Bagelen yang manis dan renyah pun siap dinikmati.

5. Nikmati bersama minuman hangat

Jika tak punya banyak waktu untuk mengolah jadi makanan di atas, anda juga bisa menikmati roti tawar keras dengan memotong atau menyobeknya lalu dicelupkan dalam minuman hangat seperti susu, kopi, wedang ronde, wedang angsle, bubur kacang ijo, sekoteng, secang, dan lain-lain. Mencelupkan roti tawar ke dalam makanan hangat bisa melunakkan tekstur roti sehingga rasanya tetap enak.

Selain enak, aneka olahan dari roti yang mulai mengeras di atas juga bisa membantu mengurangi makanan yang mubadzir karena terbuang. Selamat berkreasi!