Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain dibuat telur ceplok dan dadar, telur juga sering diolah dengan cara direbus kemudian dimasukkan ke dalam aneka makanan. Ada telur rebus kupas yang disajikan secara utuh, ada juga yang disajikan setelah telur dibelah menjadi beberapa bagian. Saya sendiri sering kesulitan saat memotong telur rebus.

Seringkali bagian kuning telur ikut menempel pada pisau sehingga tampilan telur menjadi tidak indah. Atau bagian putih telur yang hancur karena saya menekannya terlalu keras saat dipotong. Walau terlihat sepele, ternyata ada trik khusus untuk memotong telur rebus agar hasilnya bisa rapi dan sempurna, lho. Simak tipsnya berikut ini.

1. Potong telur saat sudah dingin

Setelah matang, biasanya telur rebus akan tetap mengalami proses memasak selama beberapa saat. Nah, jika anda ingin mengupas dan memotongnya, usahakan jangan terburu-buru. Pastikan telur sudah dalam keadaan dingin, baru setelah itu anda bisa mulai memotongnya.

Memotong telur rebus yang masih panas hanya akan membuat putih atau kuning telur terkoyak dan menempel pada pisau sehingga bentuknya menjadi tidak cantik lagi. Jika anda ingin telur rebus lebih cepat dingin, anda bisa merendamnya di air dingin selama beberapa saat sampai suhunya turun.

2. Perhatikan jenis pisau

Pemilihan pisau ternyata sangat penting dalam menentukan keberhasilan saat memotong telur rebus. Jangan sekalipun memotong telur rebus dengan menggunakan pisau yang bergerigi seperti pisau roti, karena pisau tersebut hanya akan merusak bentuk telur.

Pastikan juga anda menggunakan pisau yang benar-benar tajam untuk memotong telur rebus, lalu iris secara hati-hati. Menggunakan pisau yang kurang tajam untuk memotong telur rebus hanya akan membuat telur hancur karena terlalu banyak tekanan pada telur.

3. Gunakan egg slicer

Jika cara-cara di atas sudah anda terapkan dan masih belum berhasil juga, maka anda bisa mencoba memotong telur rebus dengan menggunakan alat khusus yang bernama egg slicer, yang bisa dibeli dengan mudah di supermarket dengan harga cukup terjangkau.

Selain lebih rapi, egg slicer juga punya beberapa pilihan bentuk potongan telur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dari mulai irisan tipis melintang, sampai potongan memanjang telur yang dibagi empat. Anda tinggal ikuti saja petunjuk penggunaannya agar didapatkan hasil potongan telur yang sempurna.

Dengan tips di atas, anda tak perlu takut gagal lagi saat memotong telur rebus. Masakan anda pun akan semakin cantik dengan potongan telur yang rapi. Selamat mencoba!