Penulis: Dewi.S

Menu yang berbahan dasar agar-agar bisa jadi variasi takjil yang mudah dibuat, lezat, dan bergizi untuk berbuka. Saya dan keluarga merupakan penggemar puding, jadi saya sangat sering membuat berbagai kreasi puding di rumah. Apa saja kreasinya? Simak terus di bawah ini.

1. Puding Susu

Susu adalah salah satu bahan yang paling sering ditambahkan dalam agar atau puding. Bahan-bahan yang terdiri dari campuran agar-agar, susu cair, gula pasir, dan air akan dimasak sambil diaduk hingga mendidih dengan api kecil. Setelah itu matikan api dan cetak adonan di tempat puding aneka bentuk kesukaan anda. Taruh puding di meja hingga uap panasnya hilang sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kulkas agar cepat mengeras. Tidak ribet dan memakan banyak waktu, kan?

2. Puding Buah

Tak hanya rasa mainstream seperti coklat dan vanila, buah-buahan juga lezat dicampurkan dalam puding. Buah-buahan yang manis dan segar bisa anda pilih seperti mangga, strawberry, dan buah naga.

3. Silky Puding

Siapa  yang tidak suka puding yang lembut dan manis? Yup, silky puding yang sedang menjadi tren saat ini menyajikan puding yang berbeda dari puding biasanya. Puding ini punya tekstur sangat lembut dari bahan tambahan larutan maizena atau tofu.

4. Puding Telur Ceplok

Untuk anda yang ingin puding dengan bentuk yang unik, anda bisa membuat puding telur ceplok. Seperti namanya, puding ini punya bentuk persis dengan telur goreng mata sapi dengan bulatan kuning di tengah puding putih susu. Tak perlu khawatir, rasanya tetap manis, kok.

5. Puding Santan

Santan juga bisa menggantikan susu untuk campuran puding. Puding santan klasik ini juga menggunakan gula jawa sehingga rasanya bisa gurih dan legit manis yang nikmat.

6. Puding Zebra

Puding ini punya warna dan corak mirip seperti hewan zebra yaitu ‘belang-belang’ hitam/coklat gelap dan putih. Pada dasarnya puding ini termasuk jenis puding busa yang menggunakan campuran kocokan putih telur dan gula. Sehingga citarasanya lembut dan berongga lembut seperti busa.

7. Puding Karamel

Walau bernama puding, sajian ini sama sekali tidak menggunakan bahan agar-agar. Bahan baku utamanya yaitu telur dan susu cair. Sebelum disajikan, puding ini akan diberi siraman saus karamel yang manis dan kental.

8. Puding Lumut

Puding ini terlihat seperti seperti gumpalan lumut dalam aquarium yang terlihat hijau dan cantik. Bagian lumut terbentuk dari campuran telur, santan, dan sari pandan yang mengapung dan mengeras dalam larutan agar bening. Unik sekali, kan?

Selain resep puding di atas, anda dapat membuat kreasi unik puding lainnya dari bahan makanan yang tersedia di rumah. Selain nikmat untuk takjil, puding lezat dan cantik ini juga cocok jadi dessert di acara spesial seperti arisan keluarga, pertemuan, atau pesta ulang tahun si buah hati. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tips Membuat Aneka Puding

5 Tips Membuat Puding Agar Tidak Mudah Berair