Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Gula merah yang terkenal dengan rasa manis dan warna coklat alaminya memang sering digunakan sebagai pemanis di berbagai makanan. Bukan hanya dijadikan sebagai bahan atau campuran, gula merah juga biasa dibuat jadi saus untuk pelengkap makanan seperti bubur sumsum, es dawet, kue serabi, dan ketan kelapa. Saya sendiri selalu membuat saus gula merah dalam jumlah banyak untuk stok di kulkas selama bulan ramadan. Tahu sendiri, kan, saus gula merah akan banyak dipakai untuk makanan takjil buka puasa. Agar anda bisa membuat saus gula merah dengan baik dan mudah, yuk simak tips di bawah ini

1. Gunakan gula merah berkualitas baik

Untuk mendapatkan saus gula merah yang legit dan nikmat, gunakan selalu gula merah yang berkualitas baik. Pilih gula merah yang warnanya coklat tua, tidak pucat ataupun hitam, teksturnya tidak mengkristal dan tidak terlalu keras sehingga sulit untuk dihancurkan, tidak berpasir dan tidak berongga.

Jika anda sudah membeli gula merah, anda bisa mencek keaslian gula merahnya pada saat dipotong. Gula merah yang asli akan sedikit lengket di pisau sedangkan yang palsu akan berpasir saat dipotong/disisir.

2. Potong gula merah

Gula merah biasanya berbentuk bongkahan besar. Oleh sebab itu, gula merah sebaiknya dipotong atau sisir terlebih dahulu sebelum direbus agar lebih mudah mencair. Gula merah yang tidak dipotong akan lebih sulit jadi cair dan biasanya akan menempel di dasar panci bahkan gosong.

3. Didihkan dengan api kecil

Campurkan gula merah bersama air dengan perbandingan 2:1 ke dalam panci. Tambahkan juga beberapa helai daun pandan yang telah disobek dan diikat terlebih dahulu agar sausnya lebih harum. Didihkan gula merah dengan api kecil. Jangan lupa sesekali aduk agar tidak ada sisa gula yang menempel di dasar panci.

4. Tentukan kekentalan saus

Kekentalan saus gula merah biasanya disesuaikan dengan selera dan jenis hidangan yang akan disajikan. Untuk membuat saus yang lebih kental, anda hanya perlu memasaknya lebih lama hingga kekentalan yang diharapkan. Cara mengeceknya yaitu dengan menuang sedikit saus gula ke dalam gelas bening berisi air es. Jika saus berubah jadi mengental atau menggumpal, itu tandanya saus gula anda sudah cukup kental.

5. Saring dan simpan

Agar saus gula merah yang anda buat bersih, saring saus gula merah sebelum disimpan. Gula merah biasanya memiliki banyak kotoran yang akan keluar saat dicairkan. Apalagi anda memakai gula jawa bukan gula aren/kawung yang biasanya lebih bersih. Setelah disaring, simpan saus gula merah ditempat yang tertutup dan dinginkan. Simpan di dalam kulkas agar lebih awet.

Saus gula merah yang sudah siap sedia di kulkas bisa dengan mudah digunakan setiap saat dibutuhkan. Jadi anda tidak perlu susah-susah untuk membuat saus gula merah berkali-kali. Selain untuk hidangan takjil, saus gula merah juga bisa digunakan untuk mengganti gula pasir dalam masakan anda, lho. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Gula Merah

Coba resep: Serabi Siram Saus Gula Merah