Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain lebih enak dan terjamin kualitasnya, memasak makanan sendiri di rumah juga bisa menghemat biaya pengeluaran. Bisa dibayangkan apa jadinya jika setiap hari kita makan di luar? Pasti pengeluaran akan membengkak berkali-kali lipat.

Namun jika tak cermat, memasak sendiri malah bisa membuat pengeluaran melonjak. Salah satunya adalah karena banyaknya makanan yang terbuang. Karena itu, penting sekali bagi kita untuk tahu cara mengaturnya agar sebisa mungkin tidak ada bahan masak atau makanan yang terbuang. Yuk, simak tips berikut yang sudah berhasil saya terapkan sendiri di rumah.

1. Buat perencanaan memasak

Sepintas membuat perencanaan memasak ini terlihat sepele, tapi ternyata bisa sangat membantu anda dalam menekan biaya pengeluaran, lho. Dengan daftar ini, anda bisa menghindari membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Anda juga bisa mengatur bahan apa saja yang sebaiknya dibeli untuk stok atau yang dibeli untuk sekali pakai. Jadi anda bisa terhindar dari bahan makanan yang busuk karena disimpan terlalu lama.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Uang Saat Belanja Kebutuhan Masak

2. Hindari mencuci bahan makanan sebelum disimpan

Menyimpan bahan makanan untuk stok itu sah-sah saja, selama bahan tersebut memang tahan lama. Tapi jangan sekalipun anda mencuci bahan makanan yang akan disimpan, karena biasanya justru bahan tersebut akan cepat busuk. Cucilah bahan makanan hanya saat akan digunakan saja.

Baca juga: 5 Tips Menyimpan Sayuran di Lemari Es Agar Segar dan Awet

3. Perhatikan masa pakai bahan makanan

Setiap makanan memiliki masa pakai masing-masing. Ada yang tahan lama, ada juga yang cepat busuk. Untuk menghindari terbuangnya makanan, sebaiknya anda menyimpan makanan yang hampir basi atau mulai busuk di tempat paling depan yang mudah diraih. Sebaliknya, makanan yang masa pakainya masih lama bisa anda simpan di bagian belakang.

Baca juga: Tips Mencegah Kontaminasi Silang di Kulkas Anda

4. Simpan dalam freezer

Selain untuk membekukan makanan, freezer juga bisa anda manfaatkan untuk mengawetkan beberapa bahan makanan seperti frozen food, daging segar, sayur, buah, bahkan makanan matang. Hampir semua makanan yang disimpan dalam freezer akan punya masa simpan dan pakai yang lebih lama dibanding makanan yang disimpan di chiller atau suhu ruang.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Awet di Freezer?

5. Kemas makanan yang sudah matang dengan baik

Makanan yang sudah diolah biasanya lebih rentan basi saat terkena udara. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk memperhatikan wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan. Selalu pilih wadah yang benar-benar kedap udara untuk menyimpan makanan yang sudah diolah, agar risiko makanan dihinggapi bakteri atau tercemar udara menjadi sedikit berkurang.

Baca juga: 5 Tips Ketika Akan Menyimpan Sisa Makanan Agar Tahan Lama

Dengan menerapkan poin di atas, maka anda bisa meminimalisir makanan yang terbuang sia-sia. Dalam jangka panjang, anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran dan mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain. Semoga tips di atas bisa membantu!