Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Menjelang bulan Ramadan, kita biasanya akan disibukkan untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan puasa. Mulai dari kesehatan, keuangan, sampai makanan. Nah, salah satu ritual yang wajib bagi beberapa orang di bulan puasa yaitu membuat aneka kue kering untuk jamuan di hari raya.

Sebelum mulai membuat kue kering, biasanya saya membeli dulu bahan-bahannya di pasar. Lalu saya juga mulai menyiapkan dan membersihkan semua alat pendukung yang saya butuhkan seperti mixer, loyang, alat penakar, dan wadah pengocok. Tak boleh ketinggalan juga yaitu membersihkan oven.

Bagi sebagian orang, oven sering luput dari perhatian. Padahal sebenarnya kebersihan oven itu sangat penting lho. Bahkan bisa berpengaruh pada hasil kue anda nantinya. Jadi sebisa mungkin oven harus dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Agar tak salah dalam membersihkan dan merawat oven, yuk simak poin-poin di bawah ini.

1. Gunakan produk khusus pembersih oven

Perlu anda ketahui, membersihkan oven dengan air saja tidak akan maksimal karena kebanyakan kotoran yang menempel pada oven biasanya menempel kuat dan sulit dibersihkan. Saran saya, anda bisa membeli produk khusus pembersih oven yang bisa dengan mudah anda temukan di supermarket.

Untuk mempermudah pekerjaan anda, carilah produk berbentuk cair yang tinggal semprot atau tuang saat digunakan. Atau jika noda pada oven sangat membandel, anda bisa membeli produk berbentuk krim yang kental.

2. Gunakan campuran bahan-bahan alami

Jika anda tidak sempat berbelanja, anda juga bisa, kok, memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membersihkan oven. Anda bisa membuat pasta dari campuran cuka, soda kue, dan sabun pencuci piring. Setelah itu, gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sabun sampai benar-benar bersih. Tak perlu khawatir pada bau cuka yang biasanya akan menempel pada oven, karena bau tersebut akan menghilang secara perlahan.

3. Bersihkan bagian dalam oven

Salah satu bagian terpenting dalam oven adalah bagian dalamnya, terutama bagian kaca dalam oven. Karena jika kaca buram, anda akan kesulitan melihat proses pemanggangan kue. Bersihkan bagian dalam tersebut dengan lembut, lalu usap dengan lap basah. Setelah itu, usap kembali dengan lap kering agar oven tidak lembab.

4. Bersihkan rak dalam oven

Meskipun terlihat sepele, tapi ternyata bagian rak oven ini juga sangat perlu dibersihkan, lho, karena bagian rak ini rentan terkena tumpahan adonan kue sehingga menimbulkan karat. Untuk membersihkan rak oven ini, anda hanya perlu mengeluarkannya dari oven dan cuci bersih.

Jika rak berkerak, bersihkan dengan spons kawat yang lembut agar nantinya rak tidak berkarat. Tapi ingat, jangan sekalipun membersihkan rak dengan benda tajam seperti pisau, karena akan menggores permukaan rak. Setelah rak bersih, jangan lupa keringkan dengan lap.

5. Bersihkan bagian luar oven

Sekilas membersihkan bagian luar oven ini mungkin terlihat tak penting, tapi bukan berarti anda bisa mengabaikannya begitu saja. Bagian luar oven yang bersih akan menimbulkan kesan terawat dan higienis. Juga akan mencegah debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam oven. Bersihkan bagian luar oven dengan cara yang sama seperti saat anda membersihkan bagian dalamnya.

6. Segera bersihkan kembali oven setelah digunakan

Agar ke depannya anda tidak terlalu kesusahan saat membersihkan oven, usahakan untuk segera membersihkan oven setelah digunakan. Cara tersebut juga bisa membantu merawat oven anda agar lebih awet.

Yuk, mulai sekarang bersihkan oven secara berkala agar selalu terlihat bersih dan masa pakainya pun bisa bertahan lebih lama. Peralatan dapur yang kinclong pasti bisa membuat mood memasak atau baking anda jadi tetap semangat, kan?

Baca juga