Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Sebagai ibu muda yang ingin selalu menyajikan makanan yang enak dan praktis, saya biasa menyimpan beberapa sarden kalengan untuk stok makanan di rumah. Selain enak dan praktis untuk dimasak, ikan sarden juga mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Tapi karena makanan kalengan itu sebaiknya tidak sering dikonsumsi, jadi saya hanya memasak sarden kalengan pada saat mendesak saja, misalnya ketika bangun sahur kesiangan. Agar rasanya lebih enak, saya biasanya berkreasi dengan olahan sarden. Yuk, kita bahas aneka olahan praktisnya!

1. Sarden Cabe Bawang

Olahan sarden paling sederhana yaitu ditumis kembali dengan tambahan bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat. Tambahkan juga sedikit jahe dan lengkuas agar rasanya lebih nendang. Pasti anda sudah familiar dengan olahan satu ini, kan?

2. Sarden Puyuh Saus Tiram

Karena biasanya sarden kalengan itu memiliki rasa asam manis, jadi anda harus mencuci sardennya terlebih dahulu dengan air matang untuk menghilangkan bumbunya. Setelah itu, tumis bawang putih dan tambahkan saus tiram, lalu masukkan sarden, telur puyuh, garam, dan sedikit merica. Masak sekitar 5 menit hingga bumbu saus tiramnya meresap.

3. Sarden Krispi Siram Saus

Bukan hanya ayam atau jamur saja yang bisa dibuat krispi, sarden juga bisa, lho! Gunakan tepung terigu dengan tambahan sedikit tepung beras untuk membuat adonan krispinya, lalu balut sarden dengan tepungnya dan goreng hingga kering. Untuk membuat sausnya, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega dan tambahkan saus sardennya. Agar ikan sarden tidak melempem, siram saus hanya saat akan disajikan, ya!

4. Tumis Sayur Sarden

Ingin olahan sarden yang lengkap gizinya? Tinggal tambahkan tumisan bawang putih, potongan tahu putih dan sayur sawi ke dalam olahan sarden. Selain sawi, kacang panjang atau buncis juga cocok dimasak bersama sarden. Jadi tidak perlu repot-repot lagi memasak sayur terpisah dalam menu bersantap anda.

5. Pindang Sarden

Jika ingin olahan sarden yang segar, menu pindang sarden cocok untuk anda hidangkan. Untuk membuat pindang sarden ini, siapkan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, cabe merah, sedikit kunyit dan lengkuas yang sudah ditumbuk kasar. Masukkan bumbu yang sudah ditumbuk tersebut ke dalam panci dengan tambahan nanas potong, daun bawang, tomat, daun kemangi, air putih, dan kecap asin. Masak hingga wangi lalu tambahkan sarden ke dalamnya. Rasa nanas yang asam membuat kuah pindang sarden ini segar untuk ‘di sruput’.

6. Pizza Mie Sarden

Campur  mie, telur ayam, dan irisan daun bawang yang sudah diaduk rata. Masukkan ikan sarden beserta saus ke dalamnya lalu goreng berbentuk bulat seperti pizza. Goreng adonan dengan api kecil dalam kondisi ditutup agar pizza matang merata hingga ke dalamnya dan bukan hanya kering diluar.

7. Sarden Masak Santan

Untuk anda yang ingin hidangan sarden yang lebih gurih, anda bisa membuat sarden santan sederhana ini. Pertama-tama siapkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan sedikit jahe yang digiling hingga halus. Tumis bumbu hingga harum lalu tambahkan sarden, garam, gula pasir, dan santan. Masak di atas api kecil dan aduk terus perlahan agar santan tidak pecah.

Ternyata sarden kalengan pun tidak hanya bisa dimasak satu menu saja, kan. Berbagai olahan sarden ini pastinya akan menambah semarak suasana makan anda di rumah. Satu tips lagi, agar tidak cepat hancur, jangan terlalu sering mengaduk atau membolak-balikkan sarden saat memasaknya dan cukup masak sardennya sebentar saja, ya!