Penulis: Dewi.S

Saat puasa, kita pasti membatasi makan hanya saat sahur dan berbuka. Tapi membatasi makan tidak seharusnya dijadikan sebagai alasan untuk membuang makanan berlebih. Apalagi kadang kita menyiapkan banyak menu makanan saat berbuka dan ternyata tidak habis. Padahal coba bayangkan, di luar sana masih banyak orang yang kesulitan makan sementara kita bisa membuang makanan begitu saja. Untuk menyiasati hal ini, coba lakukan beberapa cara berikut.

1. Buat daftar belanja

Sebelum berbelanja, biasakan untuk membuat daftar belanjaan yang harus dibeli untuk menghindari membeli makanan yang tidak diperlukan. Rencanakan menu apa yang akan dibuat, pilih menu makanan yang bisa dimakan untuk berbuka sekaligus saat sahur. Selain lebih hemat, anda juga akan lebih praktis karena tidak perlu ribet menyiapkan banyak makanan lagi saat sahur. Tahu sendiri, kan, kadang bangun sahur saja masih suka mepet waktu imsyak?

Baca juga: 6 Tips Menyiapkan Makan Sahur yang Cepat dan Praktis

2. Memasak seperlunya

Sebelum anda memasak, pastikan anda memperhitungkan jumlah porsi makanan yang biasa dimakan semua anggota keluarga. Apalagi jika memang sudah ada anggota keluarga yang berencana buka puasa di luar, otomatis anda harus mengurangi porsi memasak makanan di rumah. Masak bahan makanan yang tidak dapat dihangatkan kembali seperti bayam dalam porsi sekali makan. Sayang, kan, kalau memasaknya kebanyakan dan tidak bisa dimakan lagi untuk sahur.

Baca juga: 8 Sajian Praktis dan Lezat dari Telur untuk Makan Sahur

3. Makan sesuai porsi

Daripada mengambil sebanyak-banyaknya dan tidak habis lalu dibuang sia-sia, lebih baik anda mengambil makanan sesuai porsi anda. Jika memang sudah kenyang, atau hanya ‘lapar mata’ seperti saat buka puasa yang rasanya segala makanan ingin dicicipi, lebih baik ambil makanan sedikit dulu. Selalu ada kesempatan kedua untuk nambah, kan?

Baca juga: 5 Tips Konsumsi saat Buka Puasa agar Tetap Bugar

4. Simpan di kulkas

Jika memang masih ada sisa, simpan makanan di dalam kulkas. Sebelumnya, kemas makanan di dalam wadah yang tertutup agar mudah ditata di dalam kulkas. Hangatkan kembali makanan saat sahur agar tidak terbuang. Oya, setelah berbelanja, masukkan juga bahan belanjaan anda di dalam kulkas agar lebih awet. Tapi bersihkan terlebih dahulu bahan makanannya sebelum masuk kulkas, ya!

Baca juga: Tips dan Cara Menyimpan Sisa Makanan agar Tahan Lama

5. Recycle makanan

Sebelum membuang makanan, teliti dahulu makanan yang akan anda buang. Jika belum basi dan masih bisa dimanfaatkan maka anda bisa memasaknya lagi jadi menu makanan yang berbeda. Misalnya opor ayam bisa diolah jadi ayam goreng, roti tawar yang sudah mengeras bisa diolah jadi french toast atau puding roti, dan pisang kematengan bisa diubah jadi pancake atau bolu kukus pisang. Jadi menu makanan enak lainnya, kan?

Baca juga: 5 Olahan Lezat dari Pisang Kematengan

6. Memberi pada orang lain

Jika sekiranya anda mempunyai banyak makanan, segeralah bungkus makanannya dan berikan kepada orang lain seperti tetangga, teman, atau mungkin orang yang membutuhkan di sekitar rumah anda. Selain bermanfaat, anda juga akan mendapatkan pahala dua kali lipat saat bersedekah di bulan Ramadan.

Baca juga: 5 Kebiasaan agar Tidak Banyak Makanan Terbuang (Food Wasting)

Ternyata cukup mudah, bukan, cara agar makanan yang anda punya tidak terbuang sia-sia? Mulailah mengatur menu makanan dan siapkan sesuai porsi. Jangan sampai ada banyak makanan yang terbuang lagi, ya!