Penulis: Manggarayu.K

Bicara soal lele, saya langsung terbayang warung pecelan. Sepiring nasi uduk mengepul panas ditambah pecel lele plus sambal merahnya, aduh menuliskannya saja sudah bikin saya ngiler, nih! Namun lele goreng di warung pecelan memang tiada duanya, ya. Padahal hanya digoreng saja, rasa enaknya bisa berlipat ganda. Ternyata, rahasia utamanya adalah penggunaan lele segar dan masih hidup. Hmm, kira-kira bagaimana mengolahnya ya? Bukannya lele segar itu amis dan bau tanah kalau langsung digoreng? Daripada penasaran, langsung cek tips di bawah ini, yuk!

1. Pilih lele segar untuk memasak.

Peraturan pertama memasak adalah selalu gunakan bahan segar untuk hasil terbaik. Begitu juga dengan memilih lele segar dan masih hidup untuk langsung dimasak. Kalau disimpan di kulkas terlalu lama, lele malah cenderung berlendir dan amis. Oleh karena itu, beli lele yang masih hidup lalu bersihkan dan langsung olah. Tak masalah jika anda takut mematikan lelenya karena bisa minta tolong si penjual ikan. Asal, sampai rumah harus lekas dimasak ya.

2. Bersihkan lele dan kerat-kerat dagingnya.

Setelah lele dimatikan, bersihkan lendir lele terlebih dahulu dengan garam atau abu gosok. Jangan lupa untuk membuang isi perut dan insangnya, karena dua hal tersebut bisa membuat lele berbau amis. Ikuti tips berikut agar lele bisa bersih secara maksimal. Kalau sudah bersih, kerat-kerat daging lele supaya bumbu marinasinya bisa menyerap sempurna.

3. Marinasi lele dengan bumbu.

Pada dasarnya ikan lele memang terasa gurih, terutama jika dimasak dalam keadaan segar. Anda bisa membumbui lele dengan bumbu sederhana seperti garam dan bawang putih atau garam dan air jeruk lemon/nipis. Kedua bumbu marinasi ini ampuh mengurangi bau amis dan tanah, serta cocok untuk lele goreng yang simple tapi begitu gurih. Rendam lele dalam bumbu marinasi selama maksimal 30 menit dalam kulkas.

4. Goreng lele secara tepat.

Lele yang sudah dimarinasi siap digoreng. Gorenglah secara deep-fry, yakni teknik menggoreng dengan minyak banyak. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan lele secara bertahap. Jika terlalu banyak lele dalam wajan, pasti lebih lama matang dan hasilnya terlalu berminyak. Cek di sini agar lele goreng semakin terasa renyah dan nikmat. Oh ya, hati-hati memasukkan lelenya ya, karena pasti nyiprat kemana-mana. Goreng hingga lele terlihat cukup kering dan tiriskan.

Lele goreng bisa langsung dinikmati atau dibuat hidangan lain seperti mangut lele. Kalau ingin buat mangut, goreng lele sampai setengah matang atau sedikit kering. Tiriskan dan langsung ungkep dalam bumbu mangutnya, ya.

Jadi, sekarang tak perlu ragu lagi untuk memasak lele. Bau amis dan tanah dijamin hilang dengan tips di atas, sehingga anda bisa menyantapnya dengan nikmat. Psst, ikan ini proteinnya tinggi, lho. Belum lagi harganya yang sangat terjangkau kantong. Yakin tidak mau lekas beli?