Penulis: Ninna.L

Pernah dengar bunga prei? Sayuran hijau yang bentuknya seperti daun bawang, dengan bunga berbentuk kubah kecil hijau muda di ujungnya. Bunga prei ini berasal dari tangkai bawang merah, yang sering disebut juga dengan bunga bawang. Ada banyak sebutan bunga prei dalam bahasa Inggris, diantaranya oriental garlic, garlic, chives, Asian chives, Chinese chives, dan Chinese leek.

Aroma bunga prei ini sedikit menyerupai daun bawang namun lebih lembut. Sedangkan teksturnya hampir mirip seperti genjer dan sedikit liat. Perpaduan warna hijau muda dan hijau tua dari daun prei juga bisa mempercantik masakan anda. Saya biasanya mencampur bunga prei dalam tumisan tahu atau tempe yang diberi bumbu kecap atau saus tiram. Anda penasaran dan juga ingin mencoba mengolah bunga prei? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Pilih bunga prei yang masih segar

Karena bunganya berbentuk kecil, bunga prei biasanya dijual bersama tangkainya. Nah, agar mendapatkan rasa bunga prei yang lezat, ada baiknya anda memilih bunga prei yang masih segar dengan ciri tangkainya yang masih berwarna hijau cerah, bukan hijau tua. Hindari juga memilih bunga prei yang batangnya sudah berwarna kekuningan dan alot saat ditekan.

Usahakan juga untuk memilih bunga yang masih berbentuk kuncup dan belum mekar. Karena jika bagian bunganya sudah mekar, rasanya akan menjadi sedikit alot saat dimasak. Anda juga bisa coba menekan bagian tangkainya. Jika terasa renyah, berarti bunga prei tersebut masih segar.

2. Cuci dan potong-potong bunga prei

Terutama untuk tumisan, potong bunga prei menjadi lebih kecil agar lebih mudah dimakan nantinya. Anda juga bisa membelah bagian tengah bunga prei tersebut menjadi dua.

3. Masak bunga prei dengan waktu yang tepat

Salah satu ciri khas dari bunga prei adalah teksturnya yang sedikit alot atau liat saat digigit. Untuk menyiasati tersebut tersebut, sebaiknya anda memasak bunga prei agak lama agar teksturnya menjadi lebih lembut. Tapi jangan terlalu lama agar kerenyahannya tetap terjaga. Cukup sekitar dua sampai tiga menit Setelah itu langsung matikan kompor. Lalu sajikan olahan bunga prei anda dalam keadaan hangat agar lebih enak. Jika bunga prei benar-benar muda, anda bisa memasukkannya terakhir sebelum masakan diangkat agar tidak terlalu layu.

Meskipun bukan termasuk sayuran yang populer, tapi tak ada salahnya jika anda menambahkan bunga prei ke dalam tumisan atau masakan anda. Tertarik untuk mencoba?