Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain nasi, umbi-umbian juga termasuk sebagai sumber karbohidrat. Salah satu jenis umbi-umbian yang sering kita konsumsi adalah ubi dan singkong, yang tak kalah dalam segi rasa dan gizi. Tak hanya bisa dimakan langsung, ubi juga bisa diolah dalam bentuk lain. Lupakan, deh, kesan jika umbi-umbian dan olahannya itu kuno dan kampungan.

Karena ternyata jika pengolahannya tepat, ubi dan singkong bisa menjadi makanan yang berkelas dan tentunya lezat. Penasaran menu modern apa saja yang bisa dibuat dari singkong dan ubi? Yuk, simak poin di bawah ini!

1. Donat ubi

Siapa sih yang tak suka donat? Dessert manis berbentuk cincin dengan berbagai variasi topping yang menggugah selera. Selama ini, donat menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Tapi jika anda suka sesuatu yang beda, anda bisa menambahkan ubi ke dalam adonan donat.

Caranya pun sangat gampang. Anda hanya perlu menghaluskan ubi kukus, lalu campurkan bersama bahan lain seperti tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan bubuk ragi sampai kalis. Diamkan adonan beberapa saat hingga mengembang lalu bentuk menjadi cincin. Setelah itu, anda bisa mengorengnya dan beri topping sesuai selera.

2. Brownies singkong

Resep yang satu ini sangat cocok bagi anda pecinta cokelat. Anda pun tak akan kerepotan saat membuatnya. Pertama-tama, buat adonan brownies seperti biasa, lalu tambahkan singkong rebus yang telah dihaluskan sebelumnya. Taburi dengan parutan keju dan kacang almond agar rasanya lebih nikmat.

Meskipun namanya brownies singkong tapi setelah matang, rasa singkongnya tidak kentara, lho. Sehingga brownies singkong ini cocok untuk menyiasati keluarga anda yang tak suka makan umbi-umbian.

3. Pancake ubi

Ubi dijadikan pancake? Kenapa tidak. Anda hanya perlu mencampur telur, gula pasir, susu cair, tepung terigu protein sedang, dan ubi kukus yang sudah dihaluskan hingga tercampur rata. Agar lebih sehat, gunakan madu sebagai pemanis alami. Lalu panggang dalam teflon sampai matang. Untuk topping, anda bisa menambahkan parutan keju, es krim, atau buah-buahan segar sesuai selera. Menu ini sangat cocok dimakan hangat-hangat untuk sarapan anda bersama keluarga.

4. Singkong thai

Anda pernah memakan mango sticky rice? Makanan khas Thailand yang sempat booming di Indonesia. Nah, jika anda ingin mencoba menu khas Thailand lainnya, anda bisa coba membuat singkong thai. Singkong thai terbuat dari olahan singkong yang direbus bersama gula pasir dan diberi guyuran saus santan yang kental dan gurih. Sajian ini sangat cocok dinikmati sebagai teman ngopi sore hari bersama keluarga.

5. Skotel singkong

Bosan dengan menu yang manis? Anda juga bisa kok mengolah singkong menjadi camilan asin yang sehat, yaitu skotel singkong. Tak perlu khawatir, skotel singkong ini pembuatannya sangat mudah. Campurkan singkong yang sudah dikupas dan diparut kasar bersama telur, susu cair, saus tomat, sosis, dan bumbu ke dalam wadah, lalu tuangkan adonan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dioles margarin sebelumnya. Taburi dengan keju parut agar rasanya lebih gurih. Tunggu sampai matang dan skotel singkong yang lezat pun siap dinikmati.

6. Stik ubi goreng

Ubi juga bisa, lho, dibuat jadi kudapan asin. Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, sedikit gula pasir, lelehan margarin, dan ubi kukus yang telah dihaluskan. Uleni adonan sampai kalis, lalu ratakan dengan rolling pin dan potong dengan bentuk memanjang. Taburi adonan stik ubi tadi dengan tepung dan goreng sampai matang. Jika ingin yang warnanya lebih cantik dan mencolok, anda bisa menggunakan ubi ungu.

Selain enak, menu-menu di atas juga cukup mengenyangkan, sehingga cocok dimakan dalam keadaan lapar untuk menambah energi anda saat beraktifitas. Selamat mencoba!

6 Kreasi Modern dari Singkong dan Ubi yang Lezat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)