Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Saat lebaran tiba, saya tidak hanya menyiapkan kue dan makanan saja, tapi minuman juga ikut disiapkan. Maklum, setelah menunaikan solat Idul Fitri lalu bersilaturahmi dengan tetangga dan keluarga kemudian berziarah ke makam, pasti menyebabkan dahaga. Agar kembali segar, saya biasanya menyiapkan minuman spesial yang mudah dan praktis untuk dibuat.

Minuman tersebut bisa juga disajikan untuk tamu atau keluarga besar yang berkunjung ke rumah. Jadi saat lebaran tiba, tidak monoton hanya makanan dan kue saja yang tersedia. Yuk, kita bahas minumannya di bawah ini!

1. Es Bul-Bul

Minuman segar pertama yang sering keluarga saya sajikan adalah es bul-bul. Minuman ini terbuat dari campuran aneka buah murah meriah seperti nanas, bengkoang, pepaya dan semangka yang berbentuk bulat kecil, lalu ditambah dengan air, gula, perasan jeruk nipis, sirup jeruk, dan es batu. Dijamin segar, deh pokoknya!

2. Es Timun

Selain menyegarkan, es timun ini juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, lho! Cara membuatnya mudah, kupas timun lalu serut bagian daging putihnya kemudian masukkan ke dalam sirup melon yang sudah ditambahkan air dan es batu.

3. Es Oyen

Minuman yang satu mirip dengan es teler. Es Oyen adalah minuman yang terdiri dari kelapa muda, alpukat, nangka, sagu mutiara, dan susu kental manis. Meskipun mudah dibuat, rasa es oyen ini bisa bikin anda ketagihan meminumnya.

4. Ocean Blue

Sama seperti namanya, minuman ocean blue ini punya warna biru. Untuk membuatnya sangat mudah, tinggal siapkan sirup jeruk kental dan es batu di dalam gelas, lalu tambahkan minuman soda biru di atasnya. Dan minuman pun siap dinikmati! Anda juga bisa menambahkan selasih diatasnya untuk hiasan yang juga bisa dikonsumsi.

5. Es Teh Leci dan Lemon

Agar tidak hanya menyajikan es teh manis, anda bisa membuat minuman ini. Untuk membuat es teh leci, tinggal tambahkan leci yang sudah dikupas atau leci kalengan ke dalam es teh manis. Selain leci, anda juga bisa menambahkan irisan lemon jika ingin menonjolkan rasa segar dari asam.

6. Marina Blue

Minuman ini mirip dengan ocean blue namun memiliki rasa yang berbeda. Cara membuatnya pertama-tama campurkan susu kental manis dan sirup coco pandan atau rose, lalu aduk rata dan tambahkan minuman soda biru diatasnya. Perpaduan susu dan soda yang manis pasti nikmat.

7. Es Mangga Serut

Untuk membuat es mangga ini, siapkan mangga jenis kweni yang memiliki rasa manis, asam, dan beraroma kuat. Potong mangga menjadi panjang dan tipis lalu masukkan ke dalam air dan gula. Agar rasa mangganya lebih tercampur dengan airnya, diamkan mangga beberapa saat hingga teksturnya menjadi lebih layu di dalam campuran air gula tersebut. Lalu langsung sajikan dengan es batu agar tetap segar.

8. Es Kolang Kaling

Ini dia minuman yang hanya ada saat lebaran di keluarga saya, es kolang kaling. Bahan utamanya yaitu dari kolang kaling yang mudah dan banyak ditemukan saat Ramadan. Untuk membuatnya, campurkan kolang kaling yang sudah dibersihkan dengan air, gula pasir, sedikit perasa asam (citrun), dan pewarna merah makanan lalu rebus hingga kolang kalingnya menjadi empuk dan warna merahnya meresap. Diamkan hingga tidak panas lagi lalu masukkan di kulkas agar kolang kaling lebih segar dan sajikan saat dingin.

Jadi mana yang jadi pilihan anda? Selamat membuat dan menikmati!