Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Mudik adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang sebelum lebaran. Selama apapun perjalanan yang ditempuh saat mudik, pasti akan terbayarkan oleh rasa puas bertemu keluarga setelah sampai di kampung halaman. Nah, karena waktu tempuh saat mudik itu lebih lama, ada baiknya anda menyiapkan makanan atau camilan yang bisa dinikmati saat di perjalanan.

Meskipun ada banyak rumah makan di sepanjang jalan mudik tapi kebersihan dan rasanya belum tentu terjamin. Apalagi jika jalur mudik anda ternyata tidak banyak melalui rumah makan atau orang yang berjualan.

Saya pun pernah mengalami hal seperti itu. Waktu itu saat mudik, saya tidak menyiapkan bekal camilan dari rumah dan kebetulan melewati jalur mudik yang tidak ada warung. Sekalinya ada warung, ternyata makanannya kurang enak. Setelah kejadian itu, setiap akan mudik saya selalu menyiapkan banyak bekal camilan untuk di perjalanan. Di bawah ini ada 7 camilan enak yang bisa anda coba untuk bekal mudik nanti, yuk kita bahas!

1. Lontong

Lapar saat di perjalanan tapi tidak mau makan makanan yang terlalu ‘berat’? Lontong bisa jadi solusinya. Makanan yang terbuat dari nasi dengan berbagai isian yang dibungkus daun pisang ini bisa mengganjal perut anda saat lapar. Kemasannya yang praktis dan rasanya yang gurih membuat lontong sering menjadi primadona untuk bekal saat mudik. Isi lontong dengan berbagai isian seperti sayuran, daging ayam, oncom, bahkan sosis dan bakso agar anak-anak pun mau memakannya.

2. Sandwich

(Image: Shutterstock)

Untuk anda penggemar makanan ala barat, anda bisa membuat sandwich roti dengan isi keju, daging sapi, daun selada, tomat, timun, dan saos. Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan fillet ayam dan ikan yang kandungan lemaknya lebih rendah. Jika kurang suka dengan rasa asin, sandwich isi coklat, marsmallow, potongan strawberry segar juga bisa menjadi camilan yang menggugah selera.

3. Sushi atau kimbab

Selain membuat camilan ala barat, anda pun bisa membuat camilan ala timur. Namun jika anda tidak bisa membuat sushi yang sempurna seperti sushi original Jepang atau kimbab Korea, gulungan nasi yang dibungkus rumput laut kering dengan isi fillet ayam atau udang tempura dan timun  pun cukup menjadi camilan mudik ala anda yang rasanya pasti nikmat. Potong sushi/kimbab jadi beberapa bagian kecil agar mudah dimakan dalam kendaraan.

4. Potongan Buah

Untuk mencegah rasa mual yang sering datang di perjalanan, siapkan potongan buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, dan apel untuk camilan sehat. Jika perjalanan yang anda tempuh cukup lama, siapkan buah yang lebih praktis seperti jeruk, pisang, atau anggur yang bisa langsung dimakan. Oya, anda juga bisa menambahkan mayonnaise atau yoghurt agar rasa buahnya lebih segar.

5. Jajanan Pasar

Kue-kue kecil jajanan pasar seperti bika ambon, risoles, pastel, bolu kukus dan martabak mini selalu menjadi camilan yang menyenangkan saat mudik. Jika anda mempunyai cukup waktu sebelum mudik, anda pun bisa membuat kue jajanan pasar tersebut di rumah. Lebih hemat, kan!

6. Kacang Almond dan Mete

(Image: Shutterstock)

Selain makanan-makan berat, kacang almond dan mete bisa menjadi camilan yang bisa anda nikmati saat mudik. Anda pun bisa pilih pengolahannya sesuai selera seperti digoreng, dipanggang, atau disangrai. Jangan khawatir jika anda tidak dapat membeli kacang almond dan mete yang harganya lumayan mahal tapi tetap ingin camilan kacang. Cukup bawa kacang tanah sangrai yang lebih ekonomis.

7. Air Jahe

Sering mengalami mabok perjalanan? Jika ya, siapkan selalu air jahe yang akan membuat badan lebih hangat dan menghilangkan rasa mual saat mudik. Air jahe yang terbuat dari rebusan jahe merah akan memiliki rasa hangat yang lebih kuat dari jahe putih biasa. Tambahkan gula atau madu di dalam air jahe agar rasanya lebih enak.

Nah, ternyata camilan enak untuk mudik itu tidak harus mahal dan cukup mudah disiapkan, kan? Mulai sekarang, siapkan bekal camilan untuk mudik anda dari rumah agar lebih hemat dan praktis. Jangan lupa selalu bawa stok air putih yang cukup agar anda tidak mudah kehausan di perjalanan.

Anda juga bisa siapkan air panas dalam thermos kecil untuk membuat susu si buah hati atau minuman hangat penghilang mual. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak, pedas, dan garam untuk mencegah sakit perut, sakit tenggorokan dan dehidrasi saat mudik. Selamat menyiapkan bekal untuk mudik!