Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Banyak tradisi orang Indonesia yang dilakukan menjelang hari raya atau suatu perayaan tertentu dan bahkan saat menjenguk orang sakit. Salah satunya adalah mengirim parcel, bingkisan yang berisi aneka makanan dan barang yang dikemas semenarik mungkin dalam berbagai ukuran. Parcel makanan adalah parcel yang sering dicari karena mudah didapatkan dan isinya dapat segera dinikmati. Saya pun sering mengirimkan parcel makanan yang saya buat sendiri agar isinya lebih terjamin dan lebih hemat.  Bahkan bisa diisi dengan beraneka makanan yang kadang tidak bisa anda temukan di penjual parcel makanan biasa.

Apalagi sekarang ini banyaknya parcel yang ternyata berisi makanan kadaluarsa bikin saya ngeri. Padahal hal yang paling penting dalam parcel adalah isinya. Alih-alih ingin bermaksud baik pada orang lain dengan mengirim parcel malah bisa mencelakakan orang yang memakannya. Tidak ingin, kan seperti itu? Agar tidak bingung isian apa yang bisa anda siapkan untuk membuat parcel makanan, saya bagikan beberapa inspirasi isiannya.

1. Kue Kering

Pilih kue kering dengan daya simpan lama seperti nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, kue kacang, kue sagu, atau bahkan kue macaron warna warni agar lebih menarik. Pastikan kue keringnya masih dalam kondisi baik, tidak berbau tengik, dan dikemas dalam toples yang rapat. Pilih beberapa toples kue kering dalam ukuran kecil daripada mengirim satu jenis kue kering dalam ukuran besar saja. Hal ini akan membuat parcel lebih ‘kaya’ isi dan menarik.

2. Kue Basah

Selain kue kering, anda juga bisa membuat parcel berisi kue basah seperti kue jajanan pasar dan cake misalnya lemper, putu ayu, srikaya, bika ambon, kue cucur, lapis, bugis, lapis Surabaya, pastel, risoles, kue ketan, bolu zebra, dan brownies. Oya, anda dapat mengganti keranjang parcel dengan tampah kecil untuk alasnya. Jadi pasti terasa lebih tradisional!

3. Kue kemasan dan Sirup

Kue kemasan seperti biskuit dalam aneka bentuk dan rasa dapat membuat parcel lebih bervolume. Pilih kue kemasan yang rasanya sering menjadi favorit seperti coklat dan vanilla. Untuk sirup atau minuman berkaleng, pilih yang bentuknya menarik. Pilih juga rasa yang sering dinikmati misalnya jeruk dan coco pandan.

Pastikan makanan dan sirup yang anda beli masa kadaluarsanya masih lama dan kemasannya tertutup rapat untuk menjaga kualitasnya. Hindari membeli makanan dan minuman yang kurang jelas asal produsennya, seperti makanan impor yang tanggal produksi dan kadaluarsanya tidak tercantum jelas.

4. Kurma dan Permen

Dua makanan ini sering menjadi pemanis tambahan saat membuat parcel aneka makanan. Pilih kurma yang teksturnya kering dan tidak lengket agar lebih awet. Jika anda bingung memilih kurma yang bagus, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjualnya. Untuk permen, masukan permen dengan warna warni yang menarik ke dalam toples bening. Anda dapat membeli permen dengan kemasan yang transparan agar warnanya tetap terlihat. Kalau bosan dengan permen kembang gula biasa, coba pilih permen susu, permen mint, atau permen kacang sebagai isiannya.

5. Coklat

Makanan yang satu ini pasti banyak disenangi banyak orang. Anda dapat membuat satu parcel coklat aneka rasa dan bentuk atau menambahkan satu toples coklat di parcel makanan lainnya. Buatlah coklat dengan berbagai campuran seperti kacang, buah-buahan, bahkan keju mozzarella yang bikin isi coklatnya lebih lezat. Jika anda punya budget lebih, belilah coklat yang kemasannya sudah menarik. Agar lebih cantik, simpan coklat di dalam toples yang dihiasi pita atau kain bermotif sebelum ditata kembali menjadi parcel.

6. Buah-buahan

Ingin memberi makanan segar dan sehat? Buah-buahan dapat menjadi alternatif lain isian parcel makanan yang sering dibuat. Pastikan buah-buahan yang anda pilih masih segar, tidak lembek di satu sisi, dan tidak berair agar tidak cepat busuk saat dikemas. Anda bisa mengkombinasikan beberapa buah seperti apel, jeruk, pear, anggur, dan mangga dalam satu parcel.

7. Keripik

Bosan dengan isi parcel yang rasanya manis? Agar tidak terus menerus mengirim parcel dengan makanan yang rasanya manis, anda bisa memilih keripik asin untuk isian parcel. Aneka keripik seperti keripik bayam, tempe, pisang, singkong, dan kentang bisa anda jadikan menjadi satu parcel makanan yang unik.

8. Bahan Masakan

Jika anda ingin memberikan parcel yang tahan lama, anda bisa memberikan bahan makanan seperti gula, margarin, kopi, teh, terigu, susu kaleng, dan minyak goreng dalam parcel. Bahan masakan ini bahkan sangat bermanfaat untuk ibu-ibu memasak nantinya. Pastikan kemasannya tidak bocor sebelum dikemas menjadi parcel, ya!

9. Masakan Homemade

Ingin membuat parcel makanan yang beda? Yuk, kirimkan aneka masakan homemade seperti rendang, opor, dan sambal kentang dalam panci kecil atau wadah yang dihias. Pastikan masakan yang akan dikirimkan sudah dingin sebelum ditutup rapat di dalam wadah agar makanan tidak cepat basi. Dijamin parcel anda akan diingat karena unik dan menarik.

Ternyata banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat parcel makanan, kan? Anda dapat membuat parcel sambil menghabiskan waktu sore bersama keluarga atau teman anda. Siapa tahu anda juga berminat untuk menjual parcel makanan setelah membaca tips ini. Untuk anda yang memilih membeli parcel makanan yang sudah jadi, selalu perhatikan tempat membelinya ditempat yang terjamin, tanggal kadaluarsa makanan, kemasan, dan harganya. Jangan sampai harganya murah tapi ternyata makanannya hampir atau bahkan kadaluarsa. Selamat membuat parcel!