Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat weekend dan tidak ada acara di luar, saya biasanya menyempatkan memasak sajian istimewa yang jarang tersaji di hari-hari biasa. Menu yang saya buat bervariasi, tergantung selera saja. Minggu lalu, saya tiba-tiba sangat ingin makan pangsit kuah pedas. Jadi pagi-pagi saya belanja ke pasar untuk membeli bahan. Karena kebetulan di rumah ada banyak tepung, saya mencoba untuk membuat sendiri kulit pangsitnya. Dan ternyata membuat kulit pangsit tidak sesulit yang saya pikirkan.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat kulit pangsit sendiri, saya punya sedikit tips agar kulit pangsit tersebut lezat dan antigagal.

1. Siapkan bahan-bahan

Seperti yang kita ketahui, bahan utama untuk membuat kulit pangsit adalah tepung terigu. Tapi, tidak semua tepung terigu bisa digunakan. Agar adonan kulit pangsit anda bagus, pastikan untuk menggunakan tepung terigu protein tinggi. Selanjutnya, anda bisa menyiapkan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, merica bubuk, garam, baking powder, minyak sayur, dan air panas.

2. Campurkan semua bahan dengan tepat

Saat membuat adonan kulit pangsit, anda tidak bisa mencampur semua bahan sekaligus. Pertama-tama, campur semua bahan kering dan aduk sampai merata di dalam wadah kering. Setelah itu, lubangi bagian tengah tepung sampai berbentuk cekung. Lalu tuangkan minyak sayur dan air panas. Aduk hingga adonan kalis dan tidak terasa lengket. Meski begitu, usahakan untuk tidak menguleni adonan kulit pangsit terlalu lama, karena hal tersebut hanya akan membuat adonan kulit pangsit anda keras dan terlalu kenyal.

3. Diamkan kulit pangsit selama beberapa saat

Setelah adonan kulit pangsit tadi kalis, sebaiknya anda mendiamkan adonan tersebut selama kurang lebih 10-20 menit di dalam wadah tertutup, atau anda juga bisa membungkusnya di dalam plastic wrap. Hal tersebut bertujuan agar adonan kulit jadi lebih lemas sehingga mudah dibentuk. Pastikan adonan dibentuk bulat terlebih dahulu sebelum disimpan. Sambil menunggu, anda bisa membuat isian kulit pangsit sesuai selera.

4. Giling dan cetak kulit pangsit

Setelah menunggu 10-20 menit, keluarkan adonan kulit pangsit tadi dan bagi menjadi beberapa bulatan yang lebih kecil, lalu giling. Anda bisa menggiling secara manual. Atau jika ingin lebih praktis dan ukuran yang rata, anda bisa menggilingnya dengan menggunakan mesin penggiling mie sampai mendapatkan ketebalan adonan yang diinginkan. Setelah itu, potong adonan dengan ukuran segiempat 5×5 cm atau sesuai kebutuhan.

5. Masak kulit pangsit sesuai selera

Setelah semua kulit pangsit selesai dipotong, anda tinggal memasukkan isiannya di tengah-tengah kulit pangsit, bentuk sesuai selera, dan rekatkan ujung kulit dengan air agar menyatu. Setelah semua kulit pangsit selesai dibuat, lumuri permukannya dengan tepung terigu agar tidak lengket, lalu anda bisa menggoreng, merebus, atau mengukus pangsit anda sesuai selera.

Coba resep:

Di pasaran memang banyak kulit pangsit sudah jadi yang dijual dengan harga cukup terjangkau. Tapi tak ada salahnya jika sekali-kali anda membuatnya sendiri. Kulit pangsit buatan sendiri pasti akan lebih sehat dan terjamin kualitasnya.