(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pakcoy ini adalah sayuran yang sering masuk daftar belanjaan saya. Selain menyehatkan, sayuran ini juga bisa dimanfaatkan seluruh bagiannya untuk dimasak. Jadi bebas food wasting, deh. Sayuran yang disebut sawi Cina ini bertekstur renyah dan segar, sehingga cocok untuk tumisan, kukusan, atau sup. Nah untuk mengawalinya, perhatikan cara memilih dan mengolah pakcoy berikut ini, yuk.

Memilih pakcoy

Pakcoy terbagi dalam dua jenis, yakni pakcoy dewasa dan baby pakcoy. Ciri keduanya pun berbeda: pakcoy dewasa memiliki batang putih dan daun hijau tua, sedangkan baby pakcoy berukuran lebih kecil dengan daun hijau yang lebih terang. Rasa baby pakcoy lebih lembut daripada pakcoy dewasa.

Pilihlah pakcoy yang warna daunnya terlihat cerah dan segar, tidak banyak bolongnya, dan tidak layu. Perhatikan juga bagian batang pakcoy dan jangan pilih yang ada bintik-bintik coklat. Setelah dibeli dan tidak langsung dimasak, letakkan dalam kulkas hingga maksimal 1 minggu.

Mengolah pakcoy

Anda bebas mengolah pakcoy dalam masakan apapun. Pada dasarnya, rasa netral pakcoy dapat dikombinasikan dengan berbagai bumbu. Sebelum dimasak, pisahkan batang pakcoy satu per satu. Bilas dengan air garam agar bakteri yang menempel hilang. Lalu, cuci pakcoy hingga bagian batangnya bersih dari kotoran. Potong sesuai selera dan pisahkan bagian batang dengan daunnya. Terakhir, pakcoy siap untuk diolah!

Bila ingin tumis atau rebus, masukkan batang pakcoy dulu. Masak beberapa menit lalu masukkan daun pakcoy. Batang pakcoy memiliki bentuk keras, sehingga butuh waktu masak lebih lama dari daun. Jangan lupa untuk tidak memasak pakcoy terlalu lama karena sayuran akan cepat layu bila dipanaskan. Untuk tips menumis lebih lengkap, baca-baca di sini, yuk.

Mudah sekali, kan? Pakcoy adalah sayuran yang kaya akan vitamin C, yang dapat mencegah radikal bebas. Selain itu, pakcoy cocok sebagai pengganti sayuran hijau lainnya. Mau buat tumis sawi atau capcay pakai pakcoy? Dijamin, rasanya pasti tak kalah enak. Selamat mencoba!