Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saya sangat suka es krim, apalagi es krim cup yang punya tiga rasa sekaligus di dalamnya yaitu vanila, stroberi, dan cokelat. Selain teksturnya lembut dan creamy, es krim juga sehat karena berbahan utama susu. itulah sebabnya saya tidak takut makan es krim setiap hari. Biasanya, saya makan es krim secara langsung atau menambahkannya dengan potongan buah yang tersedia di kulkas. Saking sukanya, saya juga pernah beberapa kali coba membuatnya di rumah.

Apakah sulit? Tidak sama sekali! Saya bisa membuatnya tanpa alat ice cream maker, lho. Simak terus caranya berikut ini.

1. Gunakan whipped cream dan susu kental manis

Tak hanya digunakan sebagai topping pada dessert, whipped cream juga ternyata bisa digunakan untuk membuat es krim. Caranya sangat mudah. Kocok whiped cream dalam mixer dengan kecepatan tinggi sampai teksturnya berubah menjadi kaku, matikan mixer sebentar, lalu campurkan dengan susu kental manis secukupnya. Nyalakan kembali mixer dengan kecepatan tinggi sampai anda mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Anda bisa menambahkan aroma vanila agar lebih wangi. Setelah itu, masukkan adonan tadi ke dalam wadah dan bekukan di freezer selama kurang lebih enam jam atau sampai es krim sudah benar-benar beku. Anda bisa coba es krim coklat super ‘nyoklat’ hanya perlu 5 bahan saja dengan resep praktis ini.

2. Gunakan santan sebagai bahan utama

Jika anda tidak suka susu, anda bisa mengganti bahan utamanya dengan santan. Bahan yang dibutuhkan adalah santan perasan sendiri, santan dalam kemasan, gula pasir, dan ekstrak vanila. Pertama-tama, bekukan santan kemasan. Sambil menunggu santan kemasan beku, masak santan peras bersama gula sampai berubah warna menjadi kecokelatan dan mengental. Dinginkan.

Setelah itu, ambil santan beku dan gunakan bagian krim kentalnya yang sudah terpisah dengan air lalu kocok dengan mixer berkecepatan tinggi sampai kaku. Matikan mixer sebentar lalu tambahkan santan peras yang sudah dimasak tadi dan juga vanila esktrak ke dalam mixer, kocok sebentar. Tuang ke dalam wadah lalu bekukan selama kurang lebih enam jam.

3. Gunakan garam dan es

Jika anda malas menunggu lama dan ingin membekukan es krim dengan cepat, anda bisa menggunakan bantuan garam dan es. Pertama-tama, masukkan adonan es krim (resep pada poin satu dan dua) ke dalam plastik, ikat plastik dengan kuat. Siapkan wadah yang sudah diisi dengan es batu dan dicampur garam. Setelah itu, masukkan adonan es krim tadi ke dalam wadah tersebut. Tutup wadah lalu kocok selama kurang lebih sepuluh menit atau sampai es krim sudah benar-benar beku.

Membuat es krim dengan cara ini mungkin akan sedikit berantakan dengan bentuk tak beraturan. Tapi yang penting rasanya, kan?

4. Gunakan buah pisang beku

Cara yang terakhir ini selain sangat sehat juga lebih segar. Membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan buah pisang beku yang sudah dipotong-potong, lalu blender sampai halus. Setelah itu, anda bisa menambahkan bahan lain seperti buah beku lainnya, lalu blender kembali. Jika blender tersendat, matikan sebentar lalu aduk bahan dengan menggunakan spatula. Setelah itu anda bisa menyalakan kembali blender.

Agar lebih nikmat, anda bisa menambahkan oreo bubuk, chocochip, atau taburan kacang ke dalam adonan es krim, lalu aduk rata dan bekukan kembali sebelum dihidangkan. Siapa bilang membuat es krim itu sulit? Dengan tips di atas, sekarang anda bisa membuat es krim sendiri kapan pun anda mau.