(Image: Tori Avey)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Saya mulai mengenal labu dari Halloween dan dongeng Cinderella. Namun pandangan saya soal buah ini pun  meluas saat menemukan berbagai jenis labu. Tidak hanya itu, banyak hidangan yang bisa dibuat dengan labu. Sebutlah sup, keripik, aneka dessert seperti kue lumpur, kolak, puding, cake, dan sebagainya. Masakan dan dessert dari labu tersebut memang enak dan gurih, tapi proses mengolahnya itu yang ribet. Bagian dalam yang licin sering jadi kendala untuk mengeruk biji labu dan seratnya. Malahan, tangan bisa terpeleset atau bijinya mental kemana-mana. Sebetulnya ada beberapa cara praktis untuk mengeruk biji labu, lho. Tak perlu berlama-lama, lanjutin bacanya ke bawah, yuk!

Mengupas labu

Mengupas labu memang butuh tenaga ekstra, apalagi kalau anda pilih labu yang besar. Kulit labu cukup tebal dan keras, tapi tak perlu khawatir karena anda bisa minta tolong penjual labu untuk memotongkannya. Atau, anda juga bisa beli labu yang sudah terbagi dua.

Memotong labu sendiri pun juga bisa, selama ada pisau besar yang sudah diasah. Potong bagian pangkal atas labu (bagian batang) dengan pisau besar, lalu belah labu jadi dua bagian. Agar membelah labunya bisa sama besar, mulai dari pangkal bawah labu. Tusuk bagian pangkal bawah tersebut dan lanjut belah labu hingga terbagi dua. Kalau  tetap sulit dibelah dengan pisau besar, masukkan labu ke dalam microwave dan panaskan selama 3-8 menit supaya melunak. Tiga menit untuk labu kecil dan maksimal 8 menit untuk labu besar.

Menghilangkan biji dan serat labu

Setelah labu terbelah dua, selanjutnya adalah membersihkan bagian perut labu yang berbiji dan licin. Ada dua alat yang bisa anda pakai untuk mengeruk biji dan serat labu.

1. Gunakan sendok besi

Pastinya ada sendok di dapur atau ruang makan anda, dong. Pakailah sendok metalik berukuran besar dengan ujung tajam. Siapkan sebuah mangkuk besar untuk menampung biji dan serat labu, lalu keruk labu dengan sendok di atas mangkuk tersebut. Keruk perut labu dari satu sisi mengarah ke sisi lain. Keruk perut labu hingga bersih dan tidak ada biji tersisa.

Hasil: Kadang hasil kerukan tidak halus. Kalau anda suka perut labu yang bersih, sendok metalik masih meninggalkan sedikit serat di perut labu. Alhasil, anda harus mengeruk berkali-kali hingga bersih. Kadang juga ada biji yang loncat dan kalau tak hati-hati, tangan bisa terpeleset atau terkena ujung sendok yang tajam.

2. Gunakan sendok es krim atau sendok pengeruk buah

Setelah labu terbagi dua, siapkan mangkuk di bawah labu dan keruklah bagian perutnya dengan ice cream scoop atau pengeruk buah (fruit baller) hingga bersih. Pakailah scoop atau baller berukuran besar agar lebih mudah mengeruknya.

Hasil: Hasil kerukan hampir sama dengan sendok, hanya saja proses mengeruk jadi lebih mudah. Permukaan scoop atau baller yang bulat-tipis tapi kokoh tidak akan membuat biji berloncatan. Selain itu mengeruk labu dengan scoop atau baller jauh lebih aman untuk tangan anda, bahkan anak-anak bisa bantu mengeruk dengan aman.

Nah setelah tahu tips di atas, tak ada alasan untuk malas mengeruk labu, ya. Sayang sekali, kan, kalau melewatkan rasa labu yang agak manis dan lembut karena malas menghilangkan biji dan seratnya. Yuk dicoba!

Cara Praktis Menghilangkan Biji Labu
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)