Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Siapa di sini yang suka makan tempe dan tahu bacem? Saya merupakan salah satu penggemar berat baceman ini. Perpaduan antara manis, asin, dan gurihnya dijamin bikin nagih. Apalagi kalau sudah digoreng. Tekstur bacem jadi berubah seperti dibalut karamel. Nikmat sekali disantap bersama nasi hangat dan sambal, hmm! Nah, bicara soal membuat bacem, saya punya tips bagaimana cara membuat baceman yang enak dan gurih. Yuk disimak.

1. Pilih bahan terbaik

Untuk membuat bacem, anda harus memilih bahan utama yang terbaik. Jika anda akan membuat tempe bacem, sebaiknya pilih tempe yang dibungkus satuan dalam daun pisang. Tapi jika anda hanya menemukan tempe papan yang berukuran besar, potonglah tempe dengan ukuran agak tebal agar tidak hancur saat dimasak nanti. Sedangkan untuk tahu, anda bisa memilih tahu yang bertestur keras dan padat. Tapi jika anda kesulitan menemukan tahu seperti itu, anda bisa mengukus tahu terlebih dahulu sebelum dibuat bacem agar tidak mudah hancur.

2. Gunakan berbagai bumbu dan rempah

Bumbu dan rempah selain menambah aroma, ternyata juga bisa memperkaya rasa pada bacem anda, lho. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, dan garam, lalu rebus di dalam panci bersama daun salam. Setelah itu, masukkan sisa bahan lainnya dan tunggu sampai bacem anda matang.

3. Gunakan air kelapa dan gula merah

Jika anda selama ini membuat bacem dengan menggunakan kecap agar manis dan warnanya pekat, coba deh ganti dengan menggunakan gula merah dan air kelapa. Jangan takut warnanya akan pucat, justru penggunaan gula merah dan air kelapa akan membuat baceman anda berwarna cokelat cantik. Poin plusnya, rasa baceman anda pun akan semakin enak, gurih, dan legit.

4. Tutup panci saat memasak bacem

Mungkin poin ini kelihatan sepele, tapi sebenarnya penting lho untuk menciptakan bacem yang enak. Panci yang tertutup akan mencegah aroma dari bacem menyebar keluar, sehingga bumbu akan lebih meresap. Selain itu, menutup panci juga akan membuat bacem anda lebih cepat matang.

5. Masak bacem dengan menggunakan api kecil

Kadang karena ingin baceman cepat matang, anda menggunakan api besar agar air cepat surut. Padahal sebenarnya hal tersebut akan membuat rasa dari bacem anda kurang nikmat. Usahakan untuk memasak bacem dengan menggunakan api kecil agar bumbu bacem lebih meresap sampai ke dalam tahu atau tempe. Pastikan juga untuk sesekali membalik tahu atau tempe agar bumbu meresap secara merata.

6. Goreng bacem dan sajikan

Kebanyakan orang-orang langsung menggoreng bacem sesaat setelah bacem matang. Tapi jika anda ingin rasa bacem yang lebih nikmat, legit, padat, dan bumbunya lebih meresap, anda bisa merendam bacem dengan sisa air rebusannya di dalam kulkas selama semalam. Setelah itu, goreng bacem keesokan harinya dan sajikan selagi masih hangat.

Mudah bukan membuat baceman yang enak? Ayo, sekarang saatnya anda mempraktikkan tips di atas dengan membuat sendiri baceman di rumah dengan resep lezat di sini.