Penulis: Ninna.L

Meski takaran air sudah dirasa pas, tapi kadang ada saja masa di mana hasil nasi yang kita masak terlalu lembek. Kalau sudah seperti itu, bingung deh mau diapakan. Sementara dibuang pun sayang. Dulu awal-awal suka memasak, saya cukup sering masak nasi namun hasilnya benyek. Karena sayang, akhirnya saya pun mencari ide bagaimana cara memanfaatkan nasi tersebut agar jangan sampai terbuang begitu saja.

Eh, setelah cari tahu kesana kemari, ternyata banyak resep yang bisa kita buat dari nasi lembek, lho. Soal rasa pun jangan ditanya. Sudah pasti nikmat! Nah, ini dia menu yang biasa saya buat dari nasi benyek yang bisa anda coba sendiri di rumah.

1. Bakso nasi

Siapa bilang jika bakso hanya bisa dibuat dari daging cincang dan tepung saja? Jika anda punya nasi lembek di rumah, anda juga bisa kok memanfaatkannya dengan mengolah nasi tersebut menjadi bahan tambahan dalam pembuatan bakso. Caranya sangat gampang. Anda hanya perlu menambahkan nasi tadi ke dalam adonan bakso yang biasa anda buat. Setelah itu, rebus bakso dan olah sesuai selera. Masalah rasa tetap enak kok. Rasa nasi yang tawar tidak akan mengubah cita rasa asli bakso itu sendiri.

2. Pancake nasi

Nah, menu yang satu ini sangat cocok untuk sarapan. Selain sehat dan mengenyangkan, rasanya juga lezat dong pastinya. Campurkan nasi bersama telur, daging, sayuran, dan penyedap sesuai selera. Setelah itu, panggang di atas teflon. Pancake nasi pun siap dinikmati dalam keadaan panas.

3. Pempek nasi

Jika anda ingin sajian berkuah asam, anda bisa mencoba mengolah nasi lembek jadi pempek. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur nasi bersama tepung tapioka, tepung terigu, dan bumbu halus. Untuk menambah rasa dan gizi, anda juga bisa menambahkan ikan tenggiri giling. Uleni sampai kalis. Bentuk adonan menjadi lonjong, taburi tepung tapioka, setelah itu rebus hingga matang. Potong dan goreng pempek dalam minyak panas. Sajikan bersama kuah cuko pedas agar rasanya makin nikmat.

4. Puding nasi

Puding nasi merupakan dessert yang cukup populer, lho. Cara membuatnya juga gampang. Rebus nasi bersama susu cair, gula pasir, vanilla ekstrak, garam, dan kismis, lalu aduk sampai adonan mengental dan teksturnya halus. Tuang adonan puding ke dalam cetakan dan taburi dengan cinnamon powder dan kismis, lalu dinginkan dalam kulkas. Rasanya yang manis, gurih, dan creamy dijamin membuat anda ketagihan.

5. Bubur nasi

Cara termudah mengolah nasi lembekadalah menjadikannya bubur. Tinggal menambahkan air dan penyedap ke dalam rice cooker, lalu masak kembali sampai matang. Anda juga bisa menambahkan sayur dan daging ke dalam bubur agar rasanya lebih nikmat. Sajikan ke dalam mangkok dan nikmati bubur selagi masih hangat.

6. Nasi tim

Dulu, nasi tim identik sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi. Tapi sekarang nasi tim juga populer dimakan oleh orang dewasa. Nah, anda bisa membuat sendiri nasi tim di rumah dengan memanfaatkan nasi lembek. Caranya, masukkan nasi ke dalam wadah tanah panas, beri daging bumbu kecap, dan sayuran. Lalu kukus selama kurang lebih lima belas menit. Nasi tim yang gurih pun siap menjadi teman makan anda yang menyenangkan.

Bagaimana? Menu-menu di atas bikin ngiler, kan? Sekarang tak ada lagi alasan membuang nasi lembek. Karena dengan cara yang tepat, nasi lembek bisa disulap menjadi sajian lezat yang disukai keluarga.