Penulis: Ninna.L

Hidangan takjil tanpa kolang-kaling itu ibarat sayur tanpa garam. Rasanya ada yang kurang saja. Rasa kolang-kaling yang enak dengan teksturnya yang kenyal memberikan sensasi tersendiri di mulut saat digigit. Jadi saat puasa, saya selalu menyetok kolang kaling di kulkas. Entah itu nanti akan ditambahkan pada minuman sirup, sop buah, wedang jahe, kolak pisang, sampai dijadikan sate kolang-kaling.

Tentu saja kita semua tahu jika kolang-kaling tak bisa langsung dimakan setelah dibeli, tapi harus diolah terlebih dahulu. Biasanya kolang-kaling yang dijual di pasar itu masih mentah, memiliki rasa yang tawar, dan juga direndam dalam air mentah. Oleh Karena itu, anda harus tahu bagaimana cara mengolah kolang-kaling yang benar, agar rasanya lebih enak dan lebih sehat karena terjamin kebersihannya. Simak poin-poin di bawah ini saat mengolah kolang-kaling.

1. Cuci kolang-kaling sampai benar-benar bersih

Biasanya kolang-kaling dijajakan penjual dalam kondisi direndam dalam wadah berisi air. Hal tersebut bertujuan agar kolang-kaling tetap segar dan tidak basi. Tapi kita tidak tahu apakah air rendamannya bersih atau tidak. Kita juga tidak tahu seberapa sering air rendaman tersebut diganti. Jadi sebaiknya anda mencuci kembali kolang-kaling yang anda beli sampai benar-benar bersih dan bebas dari lendir.

2. Rendam kolang-kaling di air bekas cucian beras

Setelah dicuci berkali-kali, kadang kolang-kaling masih sedikit berbau. Nah, untuk menyiasatinya, anda bisa coba merendam kembali kolang-kaling di air bekas cucian beras. Selain membantu menghilangkan bau asam, merendam kolang-kaling di air bekas cucian beras juga bisa menghilangkan lendir pada kolang-kaling. Rendam selama kurang lebih satu sampai dua jam. Setelah itu bilas kembali sampai kolang-kaling terasa kesat di tangan.

3. Rebus kolang-kaling sampai empuk

Sebelum bisa dimakan dan ditambahkan dalam berbagai makanan, kolang-kaling harus dimasak terlebih dahulu. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus kolang-kaling dalam air mendidih. Jangan lupa tambahkan daun pandan dan daun jeruk untuk memberi aroma pada kolang-kaling. Agar lebih nikmat dan bisa langsung disantap setelah matang, anda bisa menambahkan gula pasir saat proses perebusan. Jangan lupa berikan pewarna makanan secukupnya atau sirup agar warna kolang-kaling jadi lebih menarik.

4. Simpan kolang-kaling di lemari es agar tetap awet

Jika tak langsung menyajikan atau menyantap kolang-kaling yang sudah dimasak tadi, anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas. Pastikan kolang-kaling tersebut sudah benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah.

Semoga dengan tips di atas, anda tidak kebingungan lagi ya tentang bagaimana caranya mengolah kolang-kaling yang benar agar enak. Selamat mencoba!