(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Gorengan adalah makanan yang praktis disajikan. Cukup panaskan minyak, masukkan bahan, dan goreng hingga matang keemasan. Dulu saya punya kebiasaan buruk. Gorengan yang baru matang langsung ditumpahkan ke piring tanpa ditiriskan. Alhasil tak hanya berminyak, gorengan pun jadi lembab dan mudah melempem sehingga membuat saya malas makan. Makanya simak tips menyimpan berikut ini supaya gorengan tetap tahan lama renyahnya!

1. Beri alas tisu dapur atau kertas coklat di atas piring

Saat diangkat dari wajan, gorengan pasti meneteskan sisa minyak. Kalau langsung diletakkan di atas piring, sisa minyak tersebut akan mengendap di bawah gorengan dan membuatnya jadi lembab. Permukaan piring apapun tak dapat menyerap minyak, oleh karena itu alasi dulu dengan tisu dapur atau kertas coklat di atasnya. Namun sebelum menaruh gorengan ke atas tisu dapur atau kertas coklat, tiriskan dulu dengan saringan hingga minyak yang menetes tinggal sedikit. Gunakan cara ini untuk gorengan berukuran kecil seperti kentang goreng.

2. Letakkan di cooling rack

Kalau pergi ke restoran fast food ayam goreng, pasti ada rak penyimpanan ayam goreng di belakang kasir. Entah kapan digorengnya, tapi ayam goreng tersebut pasti terlihat renyah di piring kita. Nah ternyata cooling rack ini berguna untuk menjaga kerenyahan gorengan, terutama gorengan ukuran besar seperti ayam goreng. Pada dasarnya cooling rack digunakan untuk menyimpan roti atau kue kering yang habis dipanggang, tetapi anda juga bisa pakai untuk meniriskan gorengan yang baru matang. Karena berbentuk seperti saringan lubang besar, minyak bekas menggoreng dapat menetes ke bawah dan tidak tertinggal di bawah gorengan yang akhirnya bisa bikin melempem.

3. Kalau mau dibawa sebagai bekal gimana?

Gorengan memang bekal yang praktis tapi seringnya gorengan sudah melempem duluan saat buka kotak bekal. Cara mengakalinya, diamkan dulu gorengan yang matang hingga tidak berasap. Diamkan di saringan dulu ya, jangan langsung masukkan ke kotak bekal. Setelah dingin, langsung masukkan ke kotak bekal dan tutup. Pakailah kotak bekal yang kedap udara agar gorengan lebih awet.

Selain itu, perhatikan juga makanan lain yang satu kotak dengan gorengan, terutama makanan yang beruap dan dapat melembabkan kotak bekal. Misalnya nasi dan ayam goreng. Masukkan nasi terlebih dulu dan biarkan hingga uapnya habis, barulah masukkan gorengan yang sudah dingin dan tutup kotak bekalnya!

Mudah, kan? Kalau mau dinikmati, tinggal hangatkan gorengan di microwave, deh! Selain cara-cara penyimpanan di atas, awali juga dengan teknik menggoreng yang benar, dong. Ada beberapa trik dalam mempersiapkan gorengan agar tetap renyah meski sudah dingin, misalnya tambahkan baking soda dan trik-trik ampuh lain di sini. Selamat mencoba, ya!