(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Jadi vegan itu tantangan besar, apalagi untuk saya yang sedari kecil sudah kepincut produk hewani. Vegan itu beda dengan vegetarian. Selain tidak makan daging hewan, vegan tidak dapat mengonsumsi produk-produk hewani seperti susu, keju, telur, dan lainnya. Nah bagaimana jika ingin makan kue? Sebagian besar kue pasti berbahan dasar hewani, kan, oleh karena itu saya harus jeli soal bahan pembuatannya. Bukan berarti para vegan tak bisa makan kue enak ya. Ada beberapa bahan-bahan nabati yang dapat mengganti produk hewani untuk baking. Apa saja bahan-bahan tersebut?

1. Bahan pengganti telur

Satu butir telur bisa punya banyak pengganti. Namun penggantinya bergantung pada jenis kue yang akan dibuat. Kalau mau buat kue basah dan brownies, sebutir telur bisa diganti dengan ½ buah pisang matang atau 4 sdm apple puree (apel yang dihaluskan) atau 4 sdm tahu sutra yang dihaluskan. Untuk bahan yang perlu dihaluskan, gunakan blender atau food processor agar hasilnya lebih halus.

Sedangkan untuk kue kering dan pancake, satu telur bisa diganti dengan 1 sdm flaxseed yang dilarutkan dalam 3 sdm air. Apakah flaxseed itu? Bentuknya mirip biji bunga matahari, hanya saja sedikit lebih besar. Rasanya pedas, nutty, dan bebas gluten. Flaxseed harus dihaluskan dulu sebelum dicampur air. Pakailah penggiling kopi atau food processor agar hasilnya maksimal. 

2. Bahan pengganti susu sapi

Tidak hanya untuk vegan, bahan pengganti ini juga cocok untuk anda yang alergi susu sapi. Alternatif pertama yang bisa anda coba adalah susu kedelai. Selain rasanya yang gurih, susu kedelai yang full-fat bertekstur lebih kental dari susu vegan lainnya. Alternatif lain adalah susu almond dan santan kelapa. Kalau ingin buat kue dengan rasa kacang pilihlah susu almond, sedangkan kue-kue tradisional akan lebih ‘masuk’ dengan santan kelapa.

3. Bahan pengganti mentega

Bahan pengganti mentega sangat mudah ditemui di pasaran, yakni margarin dan minyak zaitun murni (extra virgin). Saat ini juga sudah banyak margarin khusus untuk baking, jadi anda tak perlu khawatir dengan rasa dan tekstur kue yang dihasilkan. Satu cangkir mentega sama dengan ¼ cangkir ditambah 2 sendok teh minyak zaitun. Karena memiliki rasa dan aroma khas, minyak zaitun sering dipakai saat membua untuk cake dengan rasa buah.  

4. Apakah masih mungkin pakai krim?

Bisa dong! Apalah jadinya kue tanpa krim, kan. Anda tak perlu khawatir karena banyak non-dairy cream yang dijual di supermarket. Namun jika ingin alternatif lain, pakailah santan kelapa. Caranya, diamkan santan kelapa selama 48 jam dalam lemari pendingin. Dengan begitu, kekentalan dan tekstur santan kelapa dapat sebanding dengan dairy heavy cream pada umumnya.

5. Bagaimana dengan madu?

Bagi kami para vegan, madu termasuk pantangan karena diproduksi oleh lebah. Oleh karena itu, anda bisa ganti dengan maple syrup. Keduanya punya tekstur dan warna yang mirip, yakni kental dan berwarna cokelat keemasan.

Menjadi vegan bukan berarti tak bisa makan kue enak. Kuenya bisa menggunakan bahan-bahan pengganti yang justru lebih sehat, lho. Kapan lagi bisa makan kue tanpa takut angka timbangan naik, kan? Yuk dicoba!