Penulis: Vira | Editor: Ria

Bagi saya, es krim adalah jenis dessert yang tepat dikonsumsi saat stres, sedih, atau suntuk. Dinginnya es krim yang enak dan segar ini bisa sekejap menghilangkan perasaan yang tak nyaman. Selain murah, es krim ini juga mudah dibuat sehingga saya lebih memilih untuk membuat es krim sendiri. Tetapi, homemade ice cream ini punya kelemahan yaitu tak bisa membeku dalam waktu lama.

Es krim ini mudah mencair dan tak seawet es krim yang dijual di pasaran. Eitts, tenang saja, saya punya tips untuk membuat es krim rumahan buatan anda bisa membeku lama. Langsung saja, check this out!

1. Gunakan wadah kedap udara

Biasanya, es krim buatan sendiri tak mengandung krim atau susu sebanyak es krim yang biasa dijual di pasaran. Es krim ini cenderung mudah mengeras ketika terkena udara freezer yang dingin. Untuk menjaga es krim anda tetap awet, simpanlah es krim anda dalam wadah kedap udara supaya es krim anda teksturnya tak berubah dan tetap lembut.

2. Gunakan wadah datar dan lebar sebagai tempat es krim

(Image: Lazada)

Selain kedap udara, wadah yang anda gunakan untuk menyimpan es krim sebaiknya berbentuk lebar (luas) dan rendah. Anda bisa menggunakan Calista Otaru Smokey Set (lihat di Lazada). Dalam 1 set wadah ini, anda akan mendapatkan 14 buah wadah yang bisa dipilih sebagai tempat es krim. Seluruh wadah terbuat dari plastik BPA Free, aman untuk freezer dan panas, serta kedap udara.

3. Tutup es krim dengan plastik wrap

Yang dimaksud dalam poin ini bukanlah menggunakan plastik untuk menyimpan es krim, melainkan menutup permukaan atas es krim dengan plastik wrap. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembentukan kristal es, yang bisa membuat es krim mengeras dan tak lembut lagi. Sesudah dilapis plastik wrap, anda bisa menutupnya dengan tutup asli wadahnya.

4. Simpan es krim di bagian belakang freezer

Jika anda menyimpan es krim di dekat pintu freezer, udara panas yang ikut masuk saat pintu freezer dibuka tutup akan menyebabkan es krim mudah mencair. Oleh karena itu, simpanlah es krim di bagian belakang freezer yang cenderung memiliki suhu yang stabil.

5. Mempertahankan suhu freezer

Periksalah suhu freezer anda sebelum menyimpannya. Suhu yang baik untuk menyimpan es krim adalah di bawah -17°C. Suhu tersebut menjaga kelembutan tekstur es krim dan mencegah terbentuknya kristal es. Oleh karena itu, pertahankan suhu freezer anda di suhu tersebut, agar es krim tidak mengeras dan tetap lembut ketika dikonsumsi.

6. Hindari menyimpan es krim lebih dari 2 bulan

Penyimpanan terlalu lama akan menyebabkan rasa dan tekstur es krim berubah. Seperti yang kita tahu, es krim mengandung susu atau krim. Jika ia anda simpan lebih dari 2 bulan, bakteri yang ada di susu akan berkembangbiak sehingga akan menimbulkan bau dan rasa yang kurang enak. Apalagi es krim buatan anda tak mengandung bahan pengawet layaknya es krim kemasan yang banyak dijual di pasaran. Rasa terbaik dari es krim homemade bisa anda dapatkan maksimal dalam jangka 1 minggu setelah dibuat.

Penyimpanan ternyata penting lho untuk es krim buatan anda. Jika tidak tepat, rasa dan tekstur yang dihasilkan pun tidak maksimal. Hal penting lainnya yaitu konsumsilah es krim homemade ini secepatnya. Jangan sampai es krim anda terbuang sia-sia karena sudah tak enak akibat disimpan terlalu lama. Semoga bermanfaat!