Penulis: Vira | Editor: Ria

Bukan hidangan berat saja, suguhan lebaran juga biasa diramaikan dengan berbagai macam kue kering dan cemilan. Bagi orang sibuk, membuat camilan lebaran sendiri merupakan hal yang merepotkan sehingga mereka cenderung membelinya. Padahal ada banyak camilan yang bisa anda buat jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Terlebih, camilan yang dibuat homemade dengan penuh cinta tentunya lebih spesial dan istimewa, kan. Anda juga jadi bisa berbagi cerita seru dan tips tentangnya saat berkumpul nanti. Camilan apa saja yang dapat anda buat jauh-jauh hari? Check this out!

1. Kacang goreng

 

Untuk camilan yang satu ini, anda tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya pun hanya sebentar. Camilan ini dapat bertahan lama jika anda menyimpannya dengan benar di dalam toples yang tertutup rapat, sehingga anda dapat membuatnya minimal seminggu sebelum hari raya tiba. Kacang goreng ini memiliki rasa yang gurih dan asin yang bisa membuat banyak orang terus menerus melahapnya. Untuk menambah rasa, kacang goreng ini lebih nikmat lagi jika ditambahkan irisan bawang putih goreng. Maknyuus!

2. Biji ketapang

Kue yang satu ini juga termasuk kue khas lebaran yang sering terpampang di meja tamu. Rasa manis dan tekstur renyah membuat camilan yang satu ini jadi favorit banyak orang. Bahan untuk membuatnya pun tak begitu banyak seperti terigu, kelapa parut, air, telur, margarin, dan vanili. Kelapa parut dicampur dengan air dan bahan lainnya hingga jadi adonan kalis. Adonan yang telah jadi kemudian digunting/dipotong  menyerong lalu goreng hingga matang. Karena prosesnya yang mudah dan sifatnya yang tahan lama, biji ketapang ini bisa anda buat jauh-jauh hari sebelum lebaran.

3. Kue gabus keju

 

Bosan dengan kastengel keju dan kehabisan ide ingin membuat apa? Nah, kue gabus keju yang renyah dan gurih ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda. Kue gabus keju ini sangat mudah dibuat. Dengan bahan seadanya seperti tepung kanji, telur, keju, dan mentega, anda sudah dapat membuat kue yang enak ini. Anda tinggal mencampurkan semua bahan hingga terbentuk adonan yang kalis. Bentuk kecil-kecil memanjang dan langsung goreng ke dalam minyak dingin. Ingat, minyak yang dingin, ya. Minyak panas justru akan membuat permukaan kue gabus menjadi berlubang sehingga kue menjadi tak cantik.

4. Madumongso

Sekarang memang sudah jarang orang yang menghidangkan camilan ini saat lebaran. Tapi madumongso ini memang jajanan jadul yang terkenal dan memiliki banyak fansnya sendiri, lho. Madumongso memiliki rasa asam yang unik karena terbuat dari tape ketan hitam. Karena menggunakan proses fermentasi untuk membuat tapenya, anda harus menyiapkan menu ini jauh hari sebelum lebaran tiba. Anda bisa mencampurkan santan, gula merah, dan pandan sambil dipanaskan. Lalu masukkan tape ketan hitam dan garam. Aduk hingga tekstur ketan mengering dan santan telah terserap sempurna. Selanjutnya anda tinggal membentuk madumongso jadi lonjong dan bungkus deh dengan kertas minyak warna warni. Jadul banget!

5. Cheese stick

cheese stick

Tak hanya nastar, kastengel, dan putri salju saja yang jadi primadona kue lebaran. Camilan renyah dengan campuran keju ini juga bisa jadi sajian tepat pengisi meja tamu anda.  Berbeda dengan kue gabus yang hanya menggunakan tepung sagu, cheese stick ini memadukan tepung sagu sekaligus terigu sehingga teksturnya empuk dan renyah. Jika campuran adonan sudah kalis, anda bisa memotongnya dengan alat penggiling pasta atau manual dengan pisau. Goreng dalam minyak panas lalu taraaa, cheese stick siap disajikan!

Bagaimana? Banyak juga kan, camilan lebaran yang sering terhidang di meja tamu kebanyakan orang? Camilan mana yang sering terpampang di meja anda? Dengan list camilan ini, siapa tahu anda berencana untuk mengganti camilan lama dan membuat camilan baru sebelum hari raya tiba. Selamat mencoba!

5 Cemilan Lebaran Yang Bisa Dibuat Jauh Hari
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)