(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Zaman sekarang, ceker banyak dicari orang. Di dekat rumah saya, setidaknya ada tiga penjual soto ceker ayam, dengan salah satunya spesialis soto ceker pedas. Selain soto ceker, saya suka versi dimsumnya yang dimasak manis-manis pedas. Hmm, jadi ngiler saya. Yah meskipun dagingnya tak banyak, tapi manfaatnya jangan ditanya. Bagian kaki ayam ini mengandung kolagen dan protein yang bikin kulit tampak awet muda, loh! Makanya, saya dan ibu sering beli ceker kalau ke pasar. Tapi ada banyak orang juga yang bingung mengolahnya karena daging ceker lebih sedikit dari bagian lainnya. Namun dengan tips berikut, dijamin anda bisa percaya diri mengolah ceker sesuka hati.

1. Bersihkan ceker dari kuku dan kulit

Sebetulnya anda bisa minta dipotongkan kukunya dan dibersihkan kulitnya saat belanja di pasar. Namun jika harus potong sendiri, potonglah bagian kuku yang tajam dan sisakan bagian jari yang halus saja. Setelah itu, kuliti ceker pelan-pelan sampai terlihat bagian dagingnya yang putih kemerahan. Biasanya yang dikuliti itu bagian kuning yang menempel di kulit.

2. Rendam dalam air mendidih agar bau amis hilang

Selanjutnya, masak air dalam panci hingga mendidih. Masukkan ceker yang sudah dibersihkan satu per satu dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Nah, ditahap ini anda juga bisa menguliti ceker jika sebelumnya kulit susah terkelupas. Setelah itu, tiriskan ceker dan buang airnya.

3. Rebus dengan air bersih atau dipresto supaya empuk

Kalau anda ingin ceker terasa empuk, rebuslah ceker dalam air bersih yang mendidih selama kurang lebih satu jam. Atau kalau ingin menghemat waktu, anda bisa pakai panci presto yang cukup dalam 10 menit. Jangan pakai api yang besar saat merebus. Oh ya, anda juga bisa masukkan rempah aromatik dan bumbu lainnya, misalnya bumbu ungkep seperti garam, bawang putih, daun jeruk, jahe, atau batang serai dalam tahap ini. Selain itu untuk menambah citarasa gurih, ceker bisa direbus dengan air kelapa.

4. Goreng ceker dan rendam dalam air es agar dagingnya mekar

Kalau anda ingin daging ceker yang mekar dan agak tebal, setelah tahap perendaman (sebelum poin 3), goreng ceker setengah matang dengan minyak secukupnya. Hati-hati kecipratan, ya, karena ceker masih dalam keadaan basah ketika masuk ke minyak panas. Angkat dan tiriskan ceker, kemudian langsung masukkan ke dalam air es hingga dagingnya mengembang. Pastikan semua ceker terendam dalam air es. Nah setelah direndam dalam air dingin, ceker bisa langsung dimasak bersama bahan dan bumbu lainnya. Cara ini cocok untuk hidangan tumis ceker, ceker manis bumbu kecap, dan dimsum ceker.

Cara pengolahan selesai, deh! Tidak sulit, kan? Selanjutnya anda bisa memasak ceker dalam berbagai jenis hidangan, salah satunya seblak ceker. Ceker juga bisa dibuat kaldu, loh dan tidak kalah enaknya dengan kaldu ayam. Selamat berkreasi, ya!