(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira | Editor: Ria

Saya seringkali menyetok sayuran di rumah agar bisa memasaknya setiap saat. Sayangnya, karena kesibukan yang padat dan sering tak terduga, beberapa sayuran yang telah dibeli pun justru terlantar dan membusuk di kulkas. Tempat sampah alhasil jadi tempat pemberhentian terakhir bagi sayuran yang penuh nutrisi itu. Apakah anda pernah mengalami hal yang sama? Jika pernah, anda harus mengetahui beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk menyimpan sayuran agar tetap segar. Cek artikel ini, yuk!

1. Menyortir sayuran sebelum disimpan

Belanja di pasar pastinya akan membuat anda tak hanya membeli satu jenis sayur, melainkan beberapa jenis. Nah, sebelum melangkah lebih jauh, sayuran yang telah anda beli di pasar ada baiknya disortir terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dengan memisahkan antara sayuran yang masih segar dan hijau dengan sayuran yang sudah mulai layu dengan cara memotong lalu membuang bagiannya yang layu. Selain itu, buanglah bagian akar dari sayuran agar kualitas sayur tetap baik dan segar.

2. Jangan mencuci sayuran sebelum memasukkannya ke kulkas

Terkadang banyak sekali orang yang mencuci sayuran yang baru dibelinya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Mungkin hal ini dilakukan agar ketika ingin memasaknya, sayuran tak perlu dicuci lagi. Padahal, hal tersebut merupakan pilihan yang salah. Mencuci sayuran tepat sebelum memasukkannya ke dalam kulkas akan menyebabkan bakteri yang ada di sayuran lebih cepat berkembang biak dan mempercepat kebusukan sayuran.

3. Lapisi sayuran dengan kertas

Sayuran mudah sekali membusuk karena suhu lembap kulkas. Maka dari itu, anda lebih baik melapisi sayuran dengan kertas ataupun tisu dapur sebelum menyimpannya. Kertas akan mencegah suhu lembap kulkas masuk ke dalam sayuran sehingga suhu sayuran akan terjaga dengan baik. Selain melapisi dengan kertas, anda juga bisa menyimpan sayuran ke dalam zip lock yang telah dilubangi.

4. Jangan menyimpan sayuran di rak yang sama dengan buah

Jika kulkas anda tidak begitu penuh, usahakan menyimpan sayuran di rak yang berbeda dengan buah-buahan. Meskipun dalam suhu yang dingin, buah tetap mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat kematangan buah dan sayur. Sehingga sayuran yang terkena zat ini pun akan lebih cepat membusuk.

5. Periksa sayuran secara berkala

Meskipun anda telah melakukan segala hal untuk menjaga kesegaran sayuran, jangan lupa untuk tetap memeriksa sayuran secara berkala. Hal ini dilakukan agar anda dapat memastikan kondisinya terjaga dengan baik. Jika anda melihat sayuran yang anda simpan sudah mulai membusuk, langsung saja anda memisahkannya dari yang lain dan membuangnya agar tak berpengaruh kepada kesegaran sayuran yang lain.

Itu dia 5 tips yang dapat anda coba supaya sayuran yang anda beli tetap terjaga kesegarannya dalam beberapa waktu. Tetap saja, untuk menghindari sayur yang terbuang sia-sia, ada baiknya anda membeli sayuran secukupnya sesuai yang hendak anda masak. Semoga bermanfaat, ya.