Penulis: Intan.L | Editor: Ria

Saus apa yang rasanya creamy dan manis? Ya, jawaban anda benar, vla! Saus yang terbuat dari bahan dasar susu, tepung maizena dan gula ini merupakan saus yang biasa dijadikan bahan pelengkap sajian puding, atau dengan bentuk yang lebih kental biasanya menjadi isi dari kue sus. Jika ditanya rasanya, hmm … semua pasti setuju kalau vla terasa lembut, creamy dan manis-gurih di lidah kita. Meskipun hanya menjadi sajian pelengkap, tapi vla sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan sajian puding menjadi lebih istimewa.

Meskipun bahan-bahannya sangat mudah didapat dan tidak terlalu banyak, tapi banyak juga yang tidak dapat membuatnya dengan sempurna. Begitupun dengan saya. Pertama kali membuatnya, tekstur vla tidak lembut bahkan seperti pecah sehingga saya nobatkan pembuatan kala itu gatot alias gagal total.

Tapi karena puding menjadi sajian kesukaan keluarga, saya tak putus asa dan terus mencobanya lagi. Setelah saya pelajari, ternyata memang ada beberapa tips yang dapat kita aplikasikan dalam pembuatan vla, apa saja kira-kira? Coba saya share untuk anda ya, ini dia beberapa langkahnya.

1. Siapkan Bahan

Mempersiapkan bahan untuk membuat vla tidak sulit, bahan dasarnya cukup susu cair, tepung maizena, gula yang dihaluskan, dan ekstrak vanili atau bisa juga rhum (pilih salah satu). Jika ingin membuat vla coklat tinggal tambahkan coklat bubuk. Jika ingin lebih “coklat” banget rasanya, pilih susu cair coklat. Begitupun dengan vla rasa buah, tinggal dicampurkan ekstrak buah alami misalnya strawberry yang sudah diblender dan disaring terlebih dahulu.

2. Campurkan Kuning Telur

Kuning telur menjadi bahan yang optional atau bisa dipakai atau tidak. Tapi untuk menghasilkan vla yang lebih gurih dan berfungsi sebagai pengental, ada baiknya anda menambahkan kuning telur. Jangan khawatir vla akan berbau amis jika ditambahkan kuning telur, karena dengan mencampurkan rhum yang berfungsi memberikan aroma pada kue, maka bau amis kuning telur tidak akan tercium. Tapi, ingat ya rhum biasanya mengandung alkohol. Jika anda menghindari segala sesuatu yang mengandung alkohol, lebih baik pakai vanili saja.

3. Jangan Berhenti Mengaduk

Ketika campuran bahan mulai dipanaskan di atas kompor, jangan pernah berhenti mengaduknya. Sebab susu bersifat seperti santan, jika didiamkan tanpa diaduk maka susu akan pecah dan berarti vla yang kita buat pun gagal. Satu lagi yang harus diperhatikan, yaitu api kompornya jangan terlalu besar, karena ini juga berpengaruh dapat menghancurkan susu.

4. Gunakan Blender untuk Menghaluskan

Jika anda ingin vla yang terasa sangat lembut, semua bahan yang telah dimasak, dapat diblender atau bisa juga dimixer. Cara tersebut dapat membuat vla halus sempurna dan terlihat mengkilat.

5. Perhatikan Cara Penyimpanan

Cara memblender vla juga bisa dilakukan jika vla tidak habis dan anda masukan ke dalam kulkas. Jika vla akan digunakan lagi dan menjadi keras, vla bisa diblender agar teksturnya menjadi halus lagi seperti semula. Atau jika tidak ingin vla mengering simpan di wadah tertutup rapat dan kedap udara. Jika wadahnya terbuka, lapisi dengan plastik wrap.

Bagaimana, semoga  kelima tips di atas dapat membantu anda yang sedang ingin belajar membuat vla. Meskipun sudah tersedia vla kemasan yang siap pakai tinggal seduh, tidak ada salahnya kita memasak sendiri di rumah, kan? Karena sesungguhnya semakin sering berkreasi di dapur, maka jam terbang kita  dalam memasak pun akan bertambah. Selamat mencoba, ya!