(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira

Selain tablet vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin, saya juga sering makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sering saya konsumsi adalah jeruk. Buah jeruk ini selain mudah untuk ditemukan juga memiliki harga yang terjangkau. Yang paling saya suka dari buah bentuk bulat dengan warna orange ini adalah rasanya yang manis dan sensasinya yang segar.

Sayangnya, saya seringkali dikecewakan oleh jeruk yang saya beli. Kurang terampil dalam memilih jeruk, sering mengakibatkan jeruk yang saya beli justru rasanya asam dan tidak segar. Beberapa dari anda juga mungkin sering mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, saya akan membahas tips apa saja yang anda butuhkan untuk memilih buah jeruk yang manis dan segar.

1. Kulit mengkilap

Terkadang kalau anda memilih jeruk di pasar atau di supermarket, pernah tidak sih anda melihat kulit jeruk yang terlihat mengkilap? Nah, ternyata buah jeruk yang memiliki permukaan kulit yang mengkilap dan bersih berarti si jeruk ini berkualitas baik dan segar. Kulit jeruk yang mengkilap ini bisa dilihat jelas jika terkena pantulan sinar lampu atau matahari. Kulit jeruk yang mengkilap juga bisa dijadikan penanda bahwa jeruk tersebut dalam keadaan segar dan memiliki tingkat kematangan yang pas sehingga rasanya lebih manis.

2. Tekstur halus

Kulit jeruk memang bisa menjadi indikator yang baik untuk menandakan kematangan dan kesegaran dari buah jeruk. Selain kulit yang mengkilap, anda juga bisa memilih jeruk yang baik dengan meraba tekstur kulitnya. Pilihlah jeruk dengan tekstur kulit yang halus dan mulus. Jeruk yang memiliki tekstur kulit yang kasar menandakan bahwa jeruk belum matang secara sempurna sehinga hanya memiliki sedikit kandungan air yang menyebabkan jeruk kurang segar dan rasa yang tak manis.

3. Kulit renyah saat dikupas

Jeruk yang masih segar biasanya memiliki tekstur kulit yang kencang dan keras. Oleh karena itu, hindarilah jeruk dengan kulit yang sudah layu, kusam, ataupun terasa kendur. Jeruk dengan tekstur kulit yang layu dan kendur menandakan bahwa daging buah jeruk yang ada di dalam kulit kendur, sehingga terasa tak manis ketika digigit. Tekstur kulit jeruk yang renyah ini bisa anda rasakan ketika anda mengupasnya. Kulit jeruk yang kencang justru akan lebih mudah dikupas dan dibelah.

Sebagai konsumen, kita harus pintar-pintar dalam memilih buah jeruk yang manis dan segar ini. Jangan sampai buah jeruk yang telah anda beli justru berakhir busuk di kulkas dan akhirnya mendarat di tempat sampah. Semoga artikel ini membantu anda ketika berbelanja.